Optimalkan Kesadaran Berzakat, BAZNAS Tunjuk Peserta Ekspresi Jadi Duta Zakat

Dok. BAZNAS RI/Humas

Optimalkan Kesadaran Berzakat, BAZNAS Tunjuk Peserta Ekspresi Jadi Duta Zakat

30/03/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menunjuk peserta Pesantren Kilat (sanlat) bertajuk 'Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi' (Ekspresi) 1445 H menjadi Duta Zakat BAZNAS. 

Ikrar Duta Zakat tersebut dibacakan oleh 500 siswa-siswi SMA/sederajat peserta Ekspresi di atas kapal perang TNI AL, KRI Semarang-594, Sabtu (30/3/2024), dalam penutupan kegiatan Ekspresi yang digelar BAZNAS RI, TNI AL, dan BPKH sejak tanggal 28 sampai 30 Maret 2024.

Pengukuhan tersebut dilakukan secara seremonial dengan memasangkan kain selempang oleh Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP, serta Deputi II BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H. M. Imdadun Rahmat M.Si. 

Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP mengatakan, BAZNAS mengajak anak muda menjadi agen zakat. Sebab hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai pentingnya zakat.

“Kami berharap dengan menjadikan anak-anak muda sebagai Duta Zakat, nantinya mereka akan mengajak masyarakat Indonesia menyalurkan zakat melalui lembaga resmi, juga semakin mengoptimalkan gerakan zakat,” ujar Mo Mahdum. 

Maka dari itu, kata Mo Mahdum, pihaknya mengajak seluruh masyarakat, termasuk para peserta Ekspresi di sini untuk menjadikan zakat sebagai gaya hidup. 

Sementara itu, salah satu siswa peserta terbaik Ekspresi dari SMAN 13 Jakarta, Fahmi Haekal Fikri mengaku sangat senang dapat mengikuti kegiatan Ekspresi di bulan Ramadhan tahun ini. Karena, dirinya mendapatkan banyak pelajaran berharga dan pengalaman yang bermanfaat dari kegiatan tersebut. 

"Saya sangat senang karena menjadi bagian dari 500 siswa terpilih dari 1500 yang mendaftar, alhamdulillah di sini kita mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dimana kita bisa bekerja sama dengan baik terus kita bersih-bersih pantai dan kegiatan bermanfaat lainnya," ungkapnya. 

Fahmi mengatakan ikrar Duta Zakat sangat penting bagi anak muda. Karena, menurut Fikri para duta zakat ini akan ikut berkontribusi positif dalam mewujudkan  generasi Indonesia Emas 2045.

"Ikrar Duta Zakat itu adalah ikrar almuni kegiatan Ekspresi yang kita bacakan ramai-ramai dan bersama-sama, menurut saya ikrar itu sangat harus dijalankan karena kita kan sebagai generasi muda dan ikrar itu bisa menjadi pondasi kita menjadi generasi Indonesia Emas 2045," urainya. 

Untuk menjalankan ikrar itu, lanjut Fahmi, salah satu caranya adalah dengan konsisten beribadah kepada Allah SWT dan berusaha menjalankan seluruh rukun islam termasuk zakat. 

Fahmi menyebut dirinya mengetahui kegiatan sanlat Ramadhan Ekspresi 1445 H ini dari media sosial resmi BAZNAS. Dirinya kemudian mendaftar bersama seorang temannya dari SMAN yang sama. 

"Kalau ada kesempatan untuk ikut Ekspresi lagi tahun depan pasti bakal ikut karena ini pengalaman yang berharga dan tidak akan terlupakan," tutup Fahmi.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ