Layanan Pembayaran Zakat, Infak, Sedekah
BAZNAS memberikan kemudahan kepada Muzaki (donatur) untuk menunaikan zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui berbagai kemudahan kanal pembayaran baik layanan perbankan, layanan langsung maupun layanan digital.
Layanan Perbankan
BAZNAS bekerjasama dengan mitra perbankan dalam menyediakan berbagai fasilitas pembayaran zakat, infak, dan sedekah.
Bank Mitra BAZNAS
Layanan Langsung
Menunaikan zakat dan infak secara langsung dengan menemui amil zakat juga menjadi salah satu pilihan bagi donatur. BAZNAS hadir di beberapa lokasi untuk melayani pembayaran zakat, infak, sedekah baik berupa cash maupun non-cash.
1. Kantor Pusat BAZNAS
Jl. Matraman Raya No.134, RT.5/RW.4, Kb. Manggis, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13150. Google map: bit.ly/KantorPusatBAZNAS |
2. Jemput ZakatPenjemputan ZIS untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dengan minimal ZIS Rp1.000.000,-. Donatur dapat menghubungi tim Jemput Zakat BAZNAS dengan cara SMS ke 087877373555 atau whatsapp dengan cara klik bit.ly/WhatsApp-087877373555 |
3. Kasir RetailerDonatur dapat langsung menunaikan zakat dan infak dengan mendatangi kasir Alfa Mart, Alfa Midi, Dan + Dan, Pegadaian, Lotte Grosir, dan Indomaret yang ada di seluruh Indonesia. |
Layanan Digital
1. BAZNAS Platform
Dengan mengusung layanan di platform internal, BAZNAS memberikan kemudahan bagi donatur untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekahnya melalui halaman website
Donatur dapat memilih berbagai jenis dana/program, memasukkan data diri, memilih metode pembayaran, dan membaca niat zakat/infak sebelum melanjutkan pembayaran. Donatur akan diarahkan ke aplikasi atau halaman sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Setelah berhasil melakukan pembayaran, donatur akan otomatis mendapatkan notifikasi dan Bukti Setor Zakat (BSZ) melalui email dan whatsapp.
2. Commercial Platform
BAZNAS juga turut hadir di berbagai layanan transaksi online yang tengah dibutuhkan masyarakat dengan bekerjasama melalui E-Commerce atau layanan aplikasi online lainnya.
3. Non-Commercial Platform
Tak ingin melewatkan situs galang dana online (crowdfunding) yang kini banyak bermunculan di Indonesia, BAZNAS pun bekerjasama dengan berbagai mitra platform crowdfunding untuk menjadi sarana pembayaran zakat, infak dan sedekah.
4. Social Media Platform
Selain sebagai sarana interaksi sosialisasi dan edukasi seputar zakat, infak dan sedekah, media sosial juga menjadi sarana edukasi dan informasi layanan zakat, infak, sedekah BAZNAS kepada donatur.
5. Artificial Intelligence Platform
Kecanggihan teknologi kecerdasan buatan juga dimanfaatkan untuk dapat memberikan layanan pembayaran zakat, infak, sedekah ke BAZNAS dengan lebih mudah dan menarik bagi donatur.
A. Zakat Virtual Assistant
Biasa disebut dengan singkatan ZAVIRA, BAZNAS menghadirkan layanan otomatisasi edukasi zakat dan pembayaran zakat online menggunakan chatbot di aplikasi LINE dengan nama @baznasindonesia
B. Voice Command Zakat Assistant
BAZNAS bekerjasama dengan aplikasi Lenna dalam memberikan layanan pembayaran zakat melalui perintah suara.
C. Zakat Augmented Reality
Teknologi AR juga digunakan untuk menghadirkan sarana edukasi dan layanan zakat melalui aplikasi BAZNAS Augmented Reality yang bisa diunduh di playstore. Hanya dengan mengarahkan kamera pada aplikasi ke logo BAZNAS di mana pun, muncul berbagai pilihan informasi zakat, kalkulator zakat, hingga pembayaran zakat.
6. Innovative Platform
Inovasi digital yang terus berkembang membuat BAZNAS terus memberikan layanan kemudahan pembayaran zakat, infak, dan sedekah. Inovasi yang dilahirkan baik dari internal maupun eksternal dilakukan dengan memanfaatkan QRIS dan pembayaran digital serta pemanfaatan Chrome Extension untuk donasi.
A. QRIS
B. Aplikasi pembayaran digital
- Menu GoTagihan pada aplikasi Gojek
- Menu Donasi pada aplikasi OVO
- Menu LinkAja Berbagi pada aplikasi LinkAja
- Menu Zakat dan Infak pada aplikasi Layanan Syariah LinkAja
- Menu transfer pada aplikasi SPIN
Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.