Kunjungi Pulau Untung Jawa, Ekspresi BAZNAS Tingkatkan Kepedulian terhadap Sesama dan Lingkungan

Dokumentasi BAZNAS RI/Madinah

Kunjungi Pulau Untung Jawa, Ekspresi BAZNAS Tingkatkan Kepedulian terhadap Sesama dan Lingkungan

30/03/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, berkolaborasi dengan BPKH dan TNI AL mengajak anak muda untuk peduli dengan sesama dan lingkungan dalam acara Ekspresi (Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi) 2024 saat mengunjungi Pulau Untung Jawa, Sabtu (30/3/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum, SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si., Kadisbintal TNI AL, Brigjen TNI Marinir Sandy Muchidin Latief, S.IP, Dewan Pengawas BPKH, Dr. Dawud Arif Khan, S.E., AK., M.S.I.,CPA, serta Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, M.M.

Dalam kunjungan ke Pulau Untung Jawa, peserta Ekspresi BAZNAS melakukan sejumlah kegiatan, seperti bersih-bersih pantai dan masjid, penanaman mangrove, serta bantuan sosial berupa layanan kesehatan gratis dan bagi-bagi PLK (Paket Layanan Keluarga) bagi masyarakat Pulau Untung Jawa.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum mengatakan, program Ekspresi BAZNAS di Pulau Untung Jawa ini dilakukan untuk mengajak para pemuda lebih peduli dengan sesama dan lingkungan sekitar mereka.

"Untuk menumbuhkan rasa peduli kepada pemuda, kami melaksanakan kegiatan bersih-bersih, lalu kita memastikan tidak terjadi pengecilan wilayah dengan menanam mangrove untuk mengatasi erosi, dan juga kita memberikan bantuan kepada warga untuk menjaga semangat masyarakat dan mengingatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri," ujar Mo Mahdum.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pengawas BPKH, Dr. Dawud Arif Khan, S.E., AK., M.S.I.,CPA, mengatakan BPKH turut berkontribusi dalam kegiatan Ekspresi BAZNAS sebagai bentuk tanggung jawab membantu kemaslahatan masyarakat dengan menggunakan dana abadi umat yang dikelola oleh BPKH.

"Ada dua macam dana yang dikelola oleh BPKH, yaitu dana haji, dana dari para jemaah haji dengan jumlah Rp161 triliun. Kemudian dana abadi umat dengan jumlah Rp4 triliun yang 80-90 persennya dibagikan kepada masyarakat dalam bentuk kemaslahatan, yang salah satu programnya adalah ini (Ekspresi)," ujarnya.

Sementara itu, Kadisbintal TNI AL, Brigjen TNI Marinir Sandy Muchidin Latief, S.IP, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu dan mendukung pelaksanaan agenda Ekspresi BAZNAS, terutama warga Pulau Untung Jawa yang antusias menyambut program ini.

"Terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, khususnya masyarakat di Pulau Untung Jawa yang sudah dengan antusias menyambut kegiatan ini," ungkapnya.

Di sisi lain, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, M.M, berharap program ini dapat berlangsung secara berkelanjutan, sehingga dapat membantu dalam melengkapi kebutuhan pangan masyarakat Pulau Untung Jawa.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga masyarakat kami terbantu untuk melengkapi pangan-pangan yang ada di keluarga masing-masing," kata Sidartawan.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ