
Dokumentasi BAZNAS
Kepercayaan Publik ke BAZNAS Meningkat di Masa Covid-19
29/04/2020 | HUMAS BAZNASMeningkatnya kepercayaan publik kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam situasi pandemi Covid-19, tidak terlepas dari gerak cepat BAZNAS dalam merespon dan membantu masyarakat yang terdampak krisis Covid-19 lewat program-program bantuan. Selain itu kredibilitas BAZNAS sebagai lembaga negara dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan, juga dirasakan kehadirannya oleh publik sehingga membuat beberapa media memberikan apresiasinya atas beberapa kegiatan penyaluran bantuan yang dilakukan BAZNAS.
Direktur Utama BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta mengatakan peningkatan kepercayaan publik terkait aksi BAZNAS tersebut membuat masyarakat juga tergerak untuk ikut serta dalam upaya bantuan penanganan Covid-19 dengan berdonasi lewat BAZNAS.
“Donasi masyarakat selama Covid-19 di BAZNAS mengalami peningkatan. Walaupun secara teori ketika jumlah Muzaki yang terkena imbas krisis ekonomi akibat Covid-19 bertambah, sehingga orang yang mencapai nishab zakat menjadi kurang, baik pengusaha maupun karyawan, maka perolehan zakat diperkirakan turun. Namun BAZNAS telah mengantisipasi ini dengan mendorong berbagi donasi baik infak, sedekah maupun UPZ dan zakat digital. Diharapkan strategi penguatan penggalangan dana sosial berupa infak, sedekah dapat menjadi pengungkit dari potensi zakat yang turun,” jelas Arifin.
Dampaknya, lanjut Arifin, jumlah orang yang melihat Web BAZNAS meningkat, respon layanan kontak BAZNAS naik, dan jumlah donasi yang disalurkan masyarakat naik.
“Kenaikan donasi saat ini diperkirakan masih sebesar 40 hingga 50 persen dari pencapaian tahun yang lalu di bulan yang sama,” tuturnya.
Arifin menambahkan kenaikan juga diprediksi akan tajam pada layanan zakat fitrah. Dimana BAZNAS telah membuka pelayanan pembayaran zakat online di beberapa platform digital.
“Saat ini BAZNAS sesuai arahan MUI dan pemerintah sudah membuka layanan zakat fitrah secara online yakni di web baznas.go.id/zakatfitrah, Kitabisa di kitabisa.com/zakatfitrah, Tokopedia di bit.ly/zakat-fitrah-tokopedia, dan Shopee di bit.ly/zakat-fitrah-shopee. Dengan adanya layanan zakat digital ini dapat memudahkan mereka yang akan berzakat fitrah ke mustahik melalui BAZNAS,” jelasnya.
“Kami prediksi pencapaian BAZNAS pada bulan Ramadhan ini dapat melebihi target lebih dari 40 persen dari pencapaian tahun yang lalu berupa zakat, infak, sedekah, dana dana sosial keagamaan lainnya, dan CSR. Dalam bulan ini, BAZNAS pusat menargetkan menghimpun dana sebesar Rp32 Miliar. Sementara bulan depan akan lebih tinggi sebesar Rp70 Miliar,” sambung Arifin.
Diharapkan peningkatan jumlah zakat, infak, sedekah ini juga dialami oleh BAZNAS baik Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Lembaga Amil Zakat di seluruh Indonesia sehingga semakin banyak dana yang dihimpun, semakin banyak pula masyarakat terdampak krisis Covid-19 baik secara ekonomi, sosial, dan kesehatan yang dapat dibantu.
Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.
Follow us
