Ekspresi BAZNAS Tingkatkan Literasi Zakat, Haji, dan Cinta Tanah Air

Dok. BAZNAS RI/Humas

Ekspresi BAZNAS Tingkatkan Literasi Zakat, Haji, dan Cinta Tanah Air

30/03/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan TNI AL kembali menggelar Pesantren Kilat (sanlat) Ramadhan untuk siswa-siswi SMA/sederajat bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) 1445 H. 

Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP menerangkan, sanlat yang dihelat di atas kapal perang TNI AL, KRI Semarang-594 sejak tanggal 28 sampai 30 Maret 2024 itu berupaya meningkatkan pentingnya literasi zakat, haji, dan sikap cinta tanah air kepada para peserta. 

"Ada dua hal yang diberikan kepada peserta, yang pertama tentu kita akan letakkan pondasi anak-anak ini sebagai calon pemimpin bangsa itu harus punya rasa cinta tanah air itu yang paling penting dan itu yang paling gampang memang dengan wujud nyata melalui TNI, jadi ditanamkan sikap cinta tanah air," ujar Mo Mahdum di atas KRI Semarang-594 pada Jumat, (29/4/2024).

Target untuk para peserta tersebut, lanjut Mahdum, merupakan upaya BAZNAS, BPKH dan TNI AL untuk ikut mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2024. Yakni dengan cara sedini mungkin menanamkan kepada peserta tentang akhlak-akhlak keislaman dan sikap cinta NKRI. 

"Terus yang kedua adalah agar mereka punya karakter sebagai seorang muslim yang tangannya di atas, yang hobinya adalah berhaji dan berzakat, itu kan hobi mahal sehingga kalau hobinya berzakat kan otomatis mentalnya kreatif, gimana cari duit, hobinya berhaji juga harus kreatif, itu dua hal yang utama tentu selain itu rukun islam yang lain juga ditanamkan seperti sholat, puasa," katanya. 

Mahdum menambahkan, gelaran Ekspresi tahun ini berhasil menarik lebih banyak minat dan antusias masyarakat daripada tahun lalu. Karena, peserta Ekspresi pada tahun ini lebih banyak dan sekolah yang terlibat juga lebih banyak. 

"Alhamdulillah tahun ini pesertanya lebih banyak, tahun lalu kalau gak salah tiga ratus sekarang lima ratus, terus jumlah sekolah yang terlibat juga lebih banyak, bukan hanya  yang ada di Jakarta tapi ada dari Bogor, bahkan dari Pekalongan, Cilegon, " jelasnya. 

"Itu menunjukkan bahwa minatnya luar biasa, jadi sekarang ini dari seratus dua sekolah, dari sekolah yang internasional sampai pesantren juga ada dan tentu yang sekolah negeri juga banyak," tuturnya. 

Sebelumnya, pembukaan Ekspresi BAZNAS 1445 H dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Kamis (28/3/2024) dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Hadir dalam upacara tersebut Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., dan Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, SE., MM.

Pembicara pada Ekspresi BAZNAS, BPKH, TNI AL juga menghadirkan presenter dan jurnalis Najwa Shihab, Penceramah Habib Husein bin Ja'far Al Hadar serta narasumber lainnya dari BAZNAS RI, BPKH dan TNI AL. Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dan mendapatkan edukasi dari para narasumber yang hadir, peserta juga dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ