Bantu Keselamatan Pemudik, BAZNAS Dirikan Pos Siaga Mudik 2024 di 28 Titik

Dok. BAZNAS RI/Humas

Bantu Keselamatan Pemudik, BAZNAS Dirikan Pos Siaga Mudik 2024 di 28 Titik

03/04/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali memberikan pelayanan kepada para pemudik yang sedang melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan mendirikan sejumlah Pos Siaga Mudik yang tersebar di 28 titik lokasi selama periode mudik dan arus balik lebaran 2024.

Pelepasan Tim Siaga Pos Mudik BAZNAS 2024 dilakukan di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta, Rabu (3/4/2024), dengan dihadiri Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA., Pimpinan BAZNAS Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Prof Dr Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, serta Pimpinan BAZNAS Bidang SDM, Keuangan dan Umum, Kol (Purn) Drs. Nur Chamdani. 

Wakil Ketua BAZNAS RI Mo Mahdum mengatakan, program pos siaga mudik ini merupakan kerja sama antara BAZNAS pusat dan BAZNAS provinsi yang menjadi titik penyebaran posko dalam rangka menjaga keselamatan jiwa dan raga para pemudik. 

"Alhamdulillah kita dapat melaksanakan kembali program yang dinanti-nantikan masyarakat, mengamalkan salah satu maqashid syariah yaitu hifzun nafs, yaitu menjaga jiwa para pemudik," kata Mahdum. 

Mo Mahdum menjelaskan, pada pos siaga mudik kali ini pihaknya melibatkan sekitar 280 personil dari BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Rumah Sehat BAZNAS (RSB) dan relawan Pramuka yang tersebar di pulau Jawa untuk membantu kebutuhan para pemudik selama di perjalanan. 

"Insya Allah pelayanan kita untuk para pemudik adalah pelayanan lahir dan batin, teman-teman di BTB ini sudah teruji bukan hanya untuk keselamatan fisik tapi rehab kejiwaan juga ahli, teman-teman di RSB juga sudah ahli bukan hanya sekedar memberikan obat yang sifatnya medis tapi juga doa-doa dalam rangka ruhani," jelasnya.

"Melihat tahun lalu minat masyarakat cukup tinggi bahkan dalam sehari pemudik yang berkunjung ke pos mudik BAZNAS ini bisa 500 sampai 1000 orang maka kami tingkatnya jumlah titik pos siaga mudik ini pada tahun ini," ungkap Mo Mahdum. 

Mo Mahdum berharap, dengan adanya program ini masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran selamat jiwa dan raganya baik saat berangkat ke kampung halamannya atau ketika kembali lagi keprantauannya. 

"Jadi pos siaga mudik BAZNAS ini dalam rangka membantu siapapun yang pulang ke kampung halaman ini kita bantu kebutuhannya, kita fasilitasi, kita doakan agar dapat kembali lagi dalam kondisi sehat wal afiyat," ujarnya. 

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA., menjelaskan program pos siaga mudik ini merupakan salah satu program reguler BAZNAS yang akan terus diadakan setiap tahunnya untuk melayani asnaf fi sabilillah. 

"Jadi kita melayani orang-orang yang akan melaksanakan silaturahmi, akan birrul walidain kepada orang tuanya, maka ini kita kategorikan sebagai fi sabilillah," ujar Saidah. 

"Prioritas kita melayani golongan mustahik yang rata-rata itu pemudik yang menggunakan kendaraan motor, karena pemudik motor ini biasanya akses logistiknya terbatas, maka ini kita support," katanya. 

Saidah melanjutkan, berbagai fasilitas dapat dinikmati di Pos Siaga Mudik BAZNAS, di antaranya dapur air, takjil gratis, layanan tempat istirahat, charger ponsel, dan layanan kesehatan serta fasilitas ibadah. 

"Fasilitasnya berupa kesehatan, ada obat-obatan juga dokter pijat, pelayanan makanan minuman, jadi ada takjil dan air panas, kopi, teh untuk minuman hangatnya, kemudian juga kita siapkan tempat tidur untuk teman-teman yang mungkin perlu istirahat dan rebahan sebentar, dan kita biasanya nempel dengan fasilitas ibadah jadi untuk fasilitas ibadah juga dekat insyaallah," jelasnya. 

Posko mudik BAZNAS dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai 15 April 2024. BAZNAS juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya di pos siaga mudik yang disediakan. 

BAZNAS RI menyediakan 28 posko mudik di titik strategis di antaranya di Serang untuk Provinsi Banten. Purwakarta, Rest Area 88A, Rest Area 88B, Subang, Cirebon, Rest Area 07A, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Kabupaten Bandung Barat untuk Provinsi Jawa Barat. 

Untuk Provinsi Jawa Tengah dan DIY, pos siaga mudik BAZNAS tersebar di Yogyakarta, Brebes, Cilacap, Banyumas, Kota Tegal, Semarang, Surakarta, Karanganyar. Sedangkan untuk provinsi Jawa Timur tersebar di Ngawi, Jombang, Trenggalek, Lumajang, Pasuruan dan Surabaya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ