Usaha Hernawati Makin Berkembang Sejak Jadi Binaan BAZNAS

  • Diposting oleh : MARKOM BAZNAS
  • Tanggal : 19/11/2021
  • Warung Hernawati makin berkembang bersama BAZNAS (Foto: BAZNAS)


    Menjadi tulang punggung keluarga merupakan peran yang harus dijalani Hernawati, wanita berusia 48 tahun asal Tangerang, Banten. Sepeninggal suaminya yang meninggal dunia 10 tahun lalu, Herna harus menghidupi tiga anaknya yang kala itu masih duduk di bangku sekolah.

     

    Herna menghidupi tiga buah hatinya bermodalkan warung sederhana di depan rumahnya. Sulit baginya untuk mencari pekerjaan karena segala keterbatasan yang dimiliki.

     

    "Saat itu merupakan momen terberat dalam hidup saya. Kehilangan suami yang biasa mencari nafkah, lalu saya dituntut harus memenuhi kebutuhan anak-anak, dari mulai makan hingga sekolah," kata Hernawati. 

     

    Warung kelontong menjadi sandaran Hernawati dan keluarga dalam beberapa tahun terakhir. Penghasilan yang didapat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, meski terkadang kurang. Namun dia tetap bersyukur, "Yang penting kebutuhan anak-anak tercukupi," ujarnya.

     

    Tidak mudah memang menjalani peran ganda seperti yang dilakukan Hernawati, menjadi ayah sekaligus ibu di rumah. 

     

    Asa memperbaiki kehidupan mulai datang saat dia mendapat kesempatan menjadi mitra Zmart yang merupakan salah satu program Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu perekonomian usaha kecil. Program Zmart adalah program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. 

     

    Warung Hernawati terpilih menjadi mitra setelah tim BAZNAS memetakan lokasi dan melakukan survei. Hasilnya, warung Hernawati dinyatakan layak mendapat bantuan.

     

    "Alhamdulillah doa saya selama ini terkabul, keinginan mengembangkan warung akhirnya terlaksana melalui BAZNAS," ujarnya.

     

    Setelah bergabung dengan BAZNAS, berbagai perubahan dirasakan Hernawati, Mulai dari peningkatan omzet usaha hingga pengetahuan tentang ilmu berdagang. Pasalnya, BAZNAS tak hanya memberikan bantuan modal namun juga pelatihan berkala agar melatih kemandirian penerima manfaat.

     

    Dari sisi omzet, warung Zmart Hernawati meningkat dari Rp150.000 per hari menjadi Rp700.000 per hari setelah menjadi penerima manfaat. Hernawati menuturkan rasa syukurnya menjadi bagian dari penerima manfaat Zmart sehingga usaha yang dijalaninya mampu meningkat.

     

    "Alhamdulillah, bersyukur bisa menjadi bagian penerima manfaat Zmart, warung Zmart saya sekarang semakin berkembang, baik produk ritel seperti minyak goreng, beras, berbagai jenis produk sabun, produk minuman kemasan, serta beberapa produk retail lainnya yang semakin bervariatif dan sekarang ada juga produk non ritelnya. Pendampingan intensif dari BAZNAS juga saya dapatkan sehingga pendapatan yang dihasilkan dari Zmart bisa terus meningkat." kata Hernawati.

     

    Peningkatan omzet Zmart Hernawati terlihat setelah pendamping program Zmart membantu perhitungan omzet dari laporan keuangan yang dituliskan setiap harinya. Diketahui dari laporan keuangan tersebut, adanya peningkatan ekonomi mustahik menjadi bentuk nyata keberhasilan program pendayagunaan zakat untuk peningkatan perekonomian mustahik.

     

    Setelah mendapat banyak peningkatan, Hernawati berkeinginan terus mengembangkan usahanya. Dia ingin memberi manfaat untuk orang banyak.

     

    "Semoga BAZNAS makin banyak program-programnya dalam membantu orang-orang yang benar-benar membutuhkan bantuan, terutama untuk yang punya usaha kecil semoga istiqomah dalam menjalankan amanah donatur," katanya. 

     

    Hernawati pun tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada para donatur yang telah menyalurkan donasinya melalui BAZNAS sehingga dia dan para penerima manfaat lainnya bisa terus berdaya.

     

    "Untuk donatur saya ucapkan terima kasih banyak sudah bersedia membantu kami melalui BAZNAS, insyaallah BAZNAS semakin amanah dan terpercaya untuk membantu dari dana zakat, infak, dan sedekah. Semoga jadi amal jariyah dan berkah untuk bapak dan ibu sekalian," katanya.

     

    BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu mewujudkan mimpi mustahik seperti Hernawati agar bisa memajukan usahanya dengan menyalurkan donasi terbaik melalui Zakat Online BAZNAS di link https://baznas.go.id/bayarzakat, atau melakukan transfer ke daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening . 

     

    Anda juga bisa melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly WhatsApp-087877373555. 

     

    Anda juga bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut: 

     

    BSI 9555.555.400 

     

    BCA 686.0148.755 

     

    BNI 555.5505.027 

     

    Mandiri 0700.0018.55555 

     

    a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAYAR ZAKAT