Shohibul Fadli Merajut Mimpi Bersama Balai Ternak BAZNAS

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 07/01/2022
  • Shohibul Merajut Mimpi Bersama Balai Ternak BAZNAS


    Menyekolahkan anak setinggi-tingginya menjadi impian Shohibul Fadli, salah satu peternak binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang tergabung dengan Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik. Shohibul bermimpi sang anak bisa menggapai cita agar memiliki kehidupan yang lebih baik. 

    "Saya selalu berdoa dan berusaha keras agar kedua anak saya bisa sekolah tinggi, bisa hidup lebih baik dan mengejar mimpinya," kata Shohibul.

    Rasa cinta kepada keluarga membuat pria berusia 37 tahun itu bekerja ekstra keras tanpa kenal lelah. Pekerjaan apa saja dia lakoni, termasuk menjadi buruh kasar dengan penghasilan tak menentu. Paling banyak dia mendapat Rp1,5 juta per bulan, itu pun tak pasti. 

    Titik balik kehidupan Shohibul mulai datang saat dia bergabung menjadi peternak binaan BAZNAS pada September 2019 lalu. BAZNAS memberinya harapan untuk bangkit melalui berbagai berbagai program untuk memperbaiki kehidupan masyarakat berpenghasilan minim. 

    "Saya sangat bersemangat awal bergabung menjadi peternak binaan BAZNAS. Melalui program Balai Ternak BAZNAS, saya ingin meningkatkan pendapatan agar kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi, ingin menyekolahkan kedua anak sampai jenjang yang lebih tinggi, dan ingin memperbaiki gubuk menjadi rumah yang layak huni," katanya. 

    Penuh semangat, Shohibul sangat giat memelihara ternak yang dia terima dan mencari hijaun, agar apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai.

    Pada awal program, Shohibul Fadli diberikan bantuan ternak sebagai aset produktif berupa modal usaha untuk dikelola dan dikembangkan menjadi usaha yang berkelanjutan. Jumlah ternak yang diterima sebanyak 9 ekor, yang terdiri dari 4 ekor induk, 3 ekor bakalan jantan, dan 3 ekor bakalan betina.

    Selama bergabung di Balai Ternak, Shohibul Fadli selalu fokus mengikuti pendampingan serta pelatihan memelihara ternak. Hasil dari kerja keras membuat ternaknya berkembang hingga 22 ekor anak domba. 

    "Alhamdulillah selain memberi ternak, BAZNAS juga terus mendampingi dan memberi ilmu lewat pelatihan berkala yang membuat pengetahuan saya makin bertambah soal dunia ternak," kata Shohibul.

    Dari perkembangan jumlah ternak tersebut, ia menjual beberapa ekor anak domba dan bakalan. Pendapatan Shohibul pun meningkat sejak menjadi peternak BAZNAS.

    Peningkatan pendapatan ini bersumber dari penjualan anak domba yang telah dilahirkan induk dan penjualan bakalan yang telah digemukkan untuk pasar kurban maupun pasar regular. Hasil dari penjualan ternak ini sangat bermanfaat bagi Shohibul untuk menyekolahkan anak-anaknya, terutama saat anaknya memasuki masa sekolah dasar.

    Bagi Shohibul, pendampingan maupun modal yang diberikan melalui BAZNAS sangat bermanfaat bagi keluarganya dan juga sebagai tabungan buat sekolah anak-anaknya. Tekadnya melalui beternak dapat menyekolahkan anak-anak hingga pendidikan tinggi. Ia pun berharap domba yang dipelihara dapat terus berkembang biak dan nantinya juga bisa berbagi untuk sekitar.

    Selain itu, pendapatan yang terkumpul Shohibul gunakan untuk merenovasi rumah, sehingga menjadi tempat tinggal nyaman dan layak huni. Dulunya, rumah Shohibul bisa dikatakan kurang layak. Tiap hujan, air menetes masuk ke rumahnya. Namun kini, kehidupannya telah membaik, dan rumahnya sudah diperbaikinya.

    "Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas perkembangan yang telah saya rasakan kini. Terima kasih banyak untuk BAZNAS dan para muzaki yang telah menyalurkan bantuannya. Semoga berkah," katanya. 

    Kini dia berharap, dengan 12 ekor ternak yang dimilikinya sekarang dapat berkembang lebih banyak lagi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup keluarganya. Pendidikan anak tentunya menjadi salah satu fokus Shohibul, yang membuatnya makin bersemangat dalam beternak.

    BAZNAS mengajak Anda untuk turut membantu mewujudkan mimpi peternak seperti Shohibul dengan menyalurkan donasi terbaik melalui Zakat Online BAZNAS di link https://baznas.go.id/bayarzakat, atau melakukan transfer ke daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening . 

    Anda juga bisa melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly WhatsApp-087877373555. 

    Anda juga bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut: 

    BSI 9555.555.400 

    BCA 686.0148.755 

    BNI 555.5505.027 

    Mandiri 0700.0018.55555 

    a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAYAR ZAKAT