Bersama BAZNAS, Supadi Berhasil Tingkatkan Ekonomi Keluarga

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 11/11/2021
  • Supadi beraktivitas di Balai Ternak BAZNAS (Foto: BAZNAS)


    Menjadi tulang punggung keluarga dengan pendapatan minim dirasakan oleh Supadi, pria berusia 52 tahun asal Sleman, DIY. Maklum saja, pendapatannya sebagai seorang buruh serabutan di usianya yang tak muda lagi, membuatnya sering kesulitan mencukupi kebutuhan harian keluarga. 

     

    Dia tinggal bersama istri yang menjadi ibu rumah tangga, serta dua orang anak di rumahnya yang mungil. Banyak yang harus dia penuhi, seperti kebutuhan sembako, biaya tagihan listrik, kebutuhan anak sekolah, dan lainnya.

     

    Untuk mencukupi kebutuhan harian, tak jarang dia Supadi harus berutang ke kanan atau kiri, apa pun dia lakukan asal keluarganya bisa makan cukup. Begitu pikirnya. 

     

    Asa Supadi untuk memperbaiki perekonomian keluarga akhirnya datang setelah dia bergabung dan menjadi anggota kelompok Sapi Merapi Berkah Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Sleman. Dia bergabung di program binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) itu sejak Oktober 2020. 

     

    "Saya sangat bersyukur bisa bergabung menjadi peternak BAZNAS. Di tengah pandemi seperti saat ini, di mana sulitnya mencukupi kebutuhan karena jarang mendapat panggilan kerja, alhamdulillah bisa bergabung bersama Balai Ternak BAZNAS," kata Supadi. 

     

    Bersama BAZNAS, Supadi mendapatkan hewan ternak untuk dirawat, serta pelatihan dan pendampingan secara berkala. Saat ini hewan ternak Supadi telah berkembang, seiring kelahiran seekor anak betina dan induk sapi yang sudah mulai masuk fase laktasi.

     

    Dalam aktivitas sehari-hari, Supadi selalu dibantu oleh sang istri. Mulai dari memelihara, menyiapkan pakan sampai memerah susu sapi. Dengan sabar dan konsisten serta melalui pendampingan BAZNAS dalam memelihara ternak. Supadi dan istri berharap ternak yang dipelihara dapat terus berkembang dan menjadi sumber pendapatan utama dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

     

    "Jika dulu awalnya tidak bisa beli sapi, sekarang jadi bisa punya sapi, pendampingan dari BAZNAS dalam pemeliharaan sapi dan pendapatan meningkat alhamdulillah sangat membantu saya," katanya.

     

    Pada bulan Oktober lalu, Supadi berhasil menjual anak betina tersebut dengan harga Rp8.500.000. Uang hasil penjualan ternak digunakannya untuk melunasi utang, dan memenuhi kebutuhan keluarga.

     

    Selain dari penjualan ternak, sejak awal program sampai sekarang Supadi juga mendapatkan manfaat dari hasil perahan susu sapi, cash for work pembangunan kandang, dan penjualan pedet, dengan memperoleh pendapatan sebesar Rp3.600.000, dari awal pendapatan sebelum program sebesar Rp2.300.000. Saat ini pendapatannya mengalami peningkatan sekitar 57 persen.

     

    Istri Supadi yang bernama Sri, selalu semangat membantu suami dalam memelihara dan memerah susu sapi yang diternaknya. Hasil dari perahan susu sapi tersebut bisa mencapai 10 hingga 12 liter setiap harinya. Setelah susu sapi yang diperah terkumpul, selanjutnya Sri dan peternak lainnya menjual kepada pihak distributor yang telah bekerja sama dengan Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Sleman yaitu Koperasi Semesta seharga Rp5.500 per liternya.

     

    Sri sangat bersyukur dengan adanya bantuan ternak dari BAZNAS. Dari hasil penjualan susu, setiap bulan Sri dapat memperoleh rata-rata pendapatan tambahan, di samping ternak Supadi. 

     

    "Alhamdulillah saya sangat bersyukur dengan dipercaya memelihara sapi yang merupakan bantuan dari BAZNAS. Saat ini saya sudah merasakan manfaatnya, mulai dari tercukupinya kebutuhan dapur, kebutuhan sekolah anak sampai dapat melunasi utang," ucap Supadi.

     

    "Terima kasih kepada para muzaki yang telah membantu kami. Semoga program yang dijalankan BAZNAS dapat terus berlanjut dan dapat membantu peternak mustahik lainnya sehingga dapat menyejahterakan," ujarnya.

     

    Anda juga bisa turut membantu upaya BAZNAS dalam menyejahterakan umat dan membantu mustahik binaan agar terus berdaya, dengan menyalurkan dana terbaik melalui daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening . 

     

    Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555. 

     

     

    Anda bisa menunaikan zakat ke BAZNAS melalui berbagai rekening bank berikut:

     

    BSI 9555.555.400 

     

    BCA 686.0148.755 

     

    BNI 555.5505.027 

     

    Mandiri 0700.0018.55555 

     

    a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAYAR ZAKAT