BAZNAS Bantu Usaha Citra, dari Mustahik hingga Beromzet Rp23 Juta per Bulan

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 08/04/2022
  • BAZNAS Bantu Usaha Citra, dari Mustahik hingga Beromzet Rp23 Juta per Bulan


    Kegigihan Citra Buana Sari dalam berwirausaha patut diacungi jempol. Berkat kerja kerasnya, ibu dengan empat anak itu kini berhasil bertransformasi dari mustahik menjadi muzaki. Jika dulu menerima, kini wanita berusia 41 tahun itu sudah bisa memberi, menebar kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

    Cerita bermula saat Citra memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai staf di salah satu rumah sakit di Jakarta. Faktor keluarga menjadi salah satu alasan untuk keluar dari pekerjaan, meski harus diakui sangat berat. Citra ingin mengasuh empat anaknya yang tentunya sangat membutuhkan perhatian di rumah.

    Namun tantangan besar harus dilalui Citra. Pasalnya, sang suami memiliki penghasilan yang jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

    "Itu merupakan salah satu keputusan terberat yang harus saya lakukan dalam hidup. Di lain sisi pekerjaan saya menopang kebutuhan keluarga, namun di sisi lain saya juga berat untuk meninggalkan anak-anak di rumah yang masih kecil," kata Citra. 

    Tak putus asa, Citra memilih tak berdiam diri melihat keadaan yang ada. Dia tetap berusaha semampunya untuk membantu perekonomian keluarga. Berbagai upaya dia lakukan, salah satunya saat ia dan suami memutuskan untuk berwirausaha dengan berdagang sayuran di pinggir jalan. Namun beberapa bulan berjalan, Citra menyadari hasil dari berdagang sayuran belum mencukupi kebutuhan rumah tangganya. 

    "Kemudian pada tahun 2017 saya memutuskan berdagang kue basah. Awalnya sih nyoba-nyoba, sambil berharap usaha ini dapat berkembang," ujar Citra sembari mengenang masa itu. 

    Jatuh bangun ia dan suami membangun usaha kue basahnya. Namun lagi-lagi usaha yang ditekuni belum memberi hasil positif. Kegetiran begitu terasa saat pada suatu hari ia tidak memegang uang sepeser pun untuk membeli makanan dan susu anaknya. 

    Masa itu benar-benar masa tersulitnya, jika biasanya Citra memiliki pendapatan pasti dari gaji bulanan, tapi kala itu ia dan keluarganya benar-benar tidak memiliki uang. 

    "Sedih rasanya mengenang masa itu. Namun saya sadar, itu merupakan konsekuensi yang harus saya dapati. Saya berusaha tegar dan optimistis, saya memiliki keyakinan suatu hari nanti pasti bisa bangkit. Tak henti saya berdoa kepada Allah," katanya.

    Tahun 2019 Citra diajak temannya untuk mengikuti pelatihan gratis memasak nasi kebuli. Dia mulai berpikir untuk banting setir, berganti usaha yang selama ini digeluti. Setelah merasa cukup mahir memasak nasi kebuli Citra berencana membuka usaha nasi kebuli di sekitar rumahnya. Namun, kendala datang karena keterbatasan modal. 

    "Berniat ganti usaha, namun tak ada modal jadi masalah. Bingung saya," ujar Citra. 

    Seakan menjawab segala doanya, Allah SWT membukakan jalan untuk Citra saat dia mendapat informasi adanya bantuan pinjaman bantuan modal usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

    Setelah mengikuti proses asesmen, survei, dan analisa usaha, Citra mendapatkan pinjaman sebesar Rp3juta. 

    "Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali, di saat sulit dan butuh modal, BAZNAS hadir membantu pengembangan usaha saya," kata Citra. 

    Dana tersebut ia belikan peralatan untuk membuka usaha nasi kebuli dan booth untuk berdagang di pinggir jalan. Dua tahun menggeluti bisnis nasi kebuli, Citra mengalami perkembangan pesat. Pasalnya, BAZNAS tak hanya memberikan bantuan modal, namun juga pelatihan dan pendampingan intensif kepada pelaku usaha seperti Citra agar bisa berkembang. 

    Progres usaha makin meningkat, usaha Citra makin dikenal masyarakat, dan jangkauan pasar semakin luas. Hal itu berimbas pada pertumbuhan omzet usaha yang terus meningkat. Bahkan omzet terkini usaha nasi kebuli Citra telah mencapai Rp23 juta. Angka yang tak pernah terbayangkan oleh Citra. 

    Kini usaha Citra terus berkembang, dan telah memiliki tiga cabang di Jakarta dan satu kemitraan di Bandung. 

    "Alhamdulillah, semua yang saya capai ini berkat bantuan modal dari masyarakat melalui BAZNAS. Saya sangat berterima kasih atas bantuan donatur yang telah berdonasi melalui BAZNAS, semoga kebaikan para donatur dibalas oleh Allah SWT," kata Citra. 

    Berkat pencapaian dan kegigihannya dalam berwirausaha, Citra mendapat penghargaan dari BAZNAS dalam ajang BAZNAS Award 2022 kategori Mustahik Menjadi Muzaki.

    Kini Citra berharap makin banyak yang akan terbantu oleh berbagai program BAZNAS, sehingga membantu perkembangan pelaku usaha UMKM lainnya.

BAYAR ZAKAT