Siapkan Ternak Berkualitas Jelang Idul Adha, Mustahik BAZNAS Beri Pakan Bergizi

Siapkan Ternak Berkualitas Jelang Idul Adha, Mustahik BAZNAS Beri Pakan Bergizi

17/05/2024 | Humas BAZNAS

Mustahik binaan BAZNAS, Mbah Sariman, terus berupaya menyiapkan hewan ternak terbaiknya jelang perayaan Idul Adha 1445 H. Mbah Sariman merupakan anggota Kelompok Ternak Berkah Cerme Balai Ternak BAZNAS di Padukuhan Srunggo 2, Kalurahan Selopamioro, Kepanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Guna menghasilkan ternak sehat dan bergizi, Mbah Sariman memberi makan ternaknya menggunakan pakan comboran. Memberikan pakan comboran untuk sapi sangat perlu dilakukan agar perkembangan ternaknya lebih cepat dan lebih bagus. 

"Comboran sangat penting diberikan pada hewan ternak, karena banyak kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. itu tentunya didukung dengan bahan yang berkualitas," ujar Mbah Sariman.

Ia menambahkan, komposisi comboran yang diberikan pada ternak domba adalah polar dan kleci. Kemudian dicampurkan dengan air dan diberikan kepada ternak. Pemberian comboran dilakukan di sore hari. 

"Biasanya saya memberikan pakan comboran setelah salat asar," ucapnya.

Setelah diberikan comboran, ternak diberikan pakan hijauan. Pakan hijauan yang diberikan rumput odot, rumput gajah, damen, dan rumput lapang.

Kegiatan Mbah Sariman selain di kandang juga aktif mengembangkan Integrated Farming untuk meningkatkan pendapatan. 

Integrated Farming yang dilakukannya yaitu cabai ceplus dan cabai rawit ori. Untuk cabai rawit ceplus sudah dilakukan panen 2 kali. Panen pertama mendapatkan 12,5 kg dengan total pendapatan panen pertama sebesar Rp225.000 dan panen kedua mendapatkan 13 kg, ia berhasil mendapatkan hasil penjualan sebesar Rp429.000.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ