Anjuran Perbanyak Membaca Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

Anjuran Perbanyak Membaca Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

Anjuran Perbanyak Membaca Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

18/04/2023 | Admin

Memperbanyak membaca tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan merupakan suatu amal sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad khususnya pada Bulan Ramadhan. Hal tersebut sebagaimana kebiasaan Rasulullah yang dilakukan saat Bulan Ramadhan. 

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dirindu oleh umat muslim. Di dalam bulan tersebut banyak sekali keistimewaan dan keberkahan yang telah Allah SWT berikan. Salah satunya telah diturunkannya Al-Quran pada bulan yang mulia ini. 

Firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)"

Bulan Ramadhan menjadi kebiasaan Nabi Muhammad bertadarus bersama Malaikat Jibril. Hal tersebut berdasarkan hadist Nabi : 

“Dari Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Quran. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus.” (HR. Bukhari).

Nabi Muhammad merupakan suri tauladan terbaik dan barangsiapa yang mengikuti jejaknya niscaya akan selamat dan beruntung. Sebagai umat muslim yang beriman sudah seharusnya menjadikan Rasullullah sebagai contoh teladan bagi. Salah satu, ialah dengan mengikuti sunnahnya untuk memperbanyak tadarus Al-Quran khususnya di Bulan Ramadhan. 

Apa yang dilakukan Nabi Muhammad telah diikuti oleh para sahabat maupun para ulama. Dalam beberapa riwayat, Rasulullah, para sahabat, serta para ulama kebanyakkan dari mereka memfokuskan memperbanyak membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan.

Salah satunya, ialah Imam Malik  yang menutup aktifitas mengajar pada Bulan Ramadhan untuk bisa fokus membaca Al-Quran. Serta, Imam Syafii yang berhasil menghatamkan Al-Quran enam puluh kali saat Bulan Ramadhan. 

Di bulan yang mulia ini, pahala amalan ibadah akan dilipatgandakan dan alangkah baiknya diisi dengan beragam aktifitas yang bermanfaaat dan memiliki nilai ibadah, seperti memperbanyak tadarus Al-Quran, sebagaimana yang telah dicontoh oleh Rasulullah.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ