Perhatikan 4 Larangan Saat Beli Hewan Kurban

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 13/07/2020
  • .


    Ibadah kurban dilaksanakan bagi umat Muslim pada perayaan Hari Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam membeli hewan kurban tak bisa sembarang, ada syariat yang harus dijalankan, seperti harus jantan, sehat, dan berumur.

     

    Untuk sapi dan kambing, umurnya adalah 2 tahun memasuki umur ke 3, domba memasuki tahun ke 2, sedangkan unta telah genap 5 tahun dan memasuki tahun ke 6.

     

    Setidaknya ada 4 larangan yang menyebabkan hewan tidak sah digunakan berkurban, maka dari itu perlu diperhatikan sebelum mencari atau membeli hewan kurban, hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Al-Bara bin Azib radhiyallahu anhu sebagai berikut:

     

    1. Hewan yang buta, buta sebelah, atau jelas butanya.

    2. Hewan yang sakit, dan nambak jelas sakitnya.

    3. Hewan yang pincang, dan sangat jelas pincagnya.

    4. Hewan yang sangat kurus, bahkan seperti tidak terlihat dagingnya.

     

    Itulah 4 larangan dalam memilih hewan kurban. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan program Kurban Online BAZNAS, dalam pelaksanaanya, BAZNAS mengedepankan kualitas dalam pelayanan, dan kualitas hewan yang akan dikurbankan.

     

    Dalam menyediakan hewan kurban, BAZNAS membeli hewan dari para peternak desa dengan pemilihan yang ketat, dan diawasi dengan menjamin hewan kurban sesuai dengan syariat. Hewan dibeli dari peternak desa dengan harga yang kompetitif.

     

    Kurban Online BAZNAS, merupakan program yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah kurban, sekaligus membantu saudara-saudaranya untuk meningkat kesejahteraanya. Sebab, dalam program ini, dilakukan pemberdayaan terhadap para peternak, mustahik dan masyarakat lain yang tengah dalam kesulitan, ditambah lagi terdampak dari pandemi Covid-19.

     

    Daging kurban disalurkan kepada para mustahik terlebih khususnya secara door to door, tidak dilakukan dengan cara pengumpulan massa yang dianggap menyalahi aturan protokol kesehatan. Daging disalurkan kepada para mustahik di seluruh Indonesia.

     

    Untuk menunaikan ibadah kurban, dan mengikuti program Kurban Online BAZNAS, masyarakat bisa mengunjungi baznas.go.id/kurbanonline, atau bisa melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya.

BAYAR ZAKAT