Pahala Berbagi Takjil bagi Orang Berpuasa

Pahala Berbagi Takjil bagi Orang Berpuasa

Pahala Berbagi Takjil bagi Orang Berpuasa

19/04/2023 | Admin

Saat Bulan Ramadhan, mungkin kita sering menjumpai, beberapa orang ataupun komunitas tengah sibuk berbagi takjil bagi orang berpuasa. Alasan mereka berbagi takjil, tidak lain hanya ingin mendapatkan rahmat dan pahala dari Allah SWT. 

Di bulan yang penuh berkah ini, banyak orang yang berlomba-lomba  berbuat kebaikan untuk bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda. 

Allah Subhanahu Wa Ta ala berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 18 : 

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."

Berbagi takjil kepada seseorang merupakan suatu hal yang baik dan termasuk sebagai sedekah. Itu artinya, kita akan memperoleh pahala bersedekah. 

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (H.R. Tirmidzi).

Selain memperoleh pahala, dengan berbagi takjil, maka malaikat akan berdoa kepada Allah untuk memberikan rahmat kepada orang yang dengan ikhlas memberi takjil. Dengan malaikat berdoa, maka peluang besar doa akan dikabulkan. 

Dari Abdullah bin Zubair bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berbuka di rumah Saad bin Muadz, Nabi bersabda: "Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan malaikat mendoakan Rahmat bagimu"

Siapa sih yang tidak ingin masuk surga, pasti semua orang mempunyai cita-cita untuk bisa masuk surga. Banyak cara untuk bisa masuk surga, salah satunya yakni dengan berbagi makan.

“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi)

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ