"https://baznas.go.id/96"
  • Tanggal : 10/05/2019
  • Diposting oleh : admin

Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam di bulan Ramadhan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga umat muslim di seluruh dunia. Mengapa demikian?

Pertama: Malam lailatul qadar adalah malam lebih baik dari seribu bulan, karena pada malam itu malam penuh kemuliaan. Malam yang penuh keberkahan dan penuh kebaikan, sehingga saking istimewanya dikatakan lebih baik melebihi seribu malam lainnya.

Kedua: Malaikat turun pada malam tersebut membawa keberkahan dan rahmat, dalam surat Al-Qadr ayat 4 diceritakan “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”.

Ketiga: Dijanjikan Allah ampunan bagi orang yang menghidupkan malam lailatul Qadar. Abu Hurairah berkata, dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa melaksanakan ibadah pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni”.

Karena malam lailatul qadar begitu istimewa, maka malam ini menjadi rahasia. Tidak ada satu pun manusia yang mengetahui kapan malam lailatul qadar ditetapkan. Hanya, Rasulullah memberikan sedikit bocoran bahwa malam lailatul qadar terdapat pada malam malam ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan.