Keutamaan Salat Tahajud

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 07/05/2020
  • .


    Bulan Ramadhan adalah bulan yang baik bagi umat muslim untuk mendapatkan pahala yang sebesar-besarnya. Bulan Ramadhan memiliki beragam keistimewaan, di antaranya bulan penuh keberkahan, dengan amalan pahala menjadi 70 kali. Selain itu, Ramadhan juga merupakan bulan penuh pengampunan. Allah SWT menjadikan Ramadhan sebagai bulan untuk penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar.

     

    Di bulan Ramadhan pula lah Allah SWT membuka pintu surga selebar-lebarnya dan dihias untuk hamba-Nya yang masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadan. Sebaliknya Allah menutup rapat-rapat pintu neraka dan membelenggu setan-setan agar manusia bisa khusyuk untuk beribadah.

     

    Salah satu amalan yang bisa kita perbanyak di bulan penuh berkah ini adalah salat Tahajud. Sebenarnya Tahajud sah-sah saja jika dilakukan sehari-harinya di luar bulan puasa ini, hal itu karena salat sunah Tahajud memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri.

     

    Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu (RA), Nabi shallallahualaihi wa sallam (SAW) bersabda:

     

    "Allah Subhanahu wa Taala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya).

     

    Keutamaan salat tahajud juga sangatlah luar biasa: 

    1. Salat Sunnah Paling Utama

    Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau salat lail merupakan salat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

    “Salat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasai)

     

    2. Kunci Masuk Surga

    Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

    “Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

     

    3. Kemuliaan dan Kewibawaan

    Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

    “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

     

    4. Menenangkan Hati

    Al-Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” [Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)].

     

    Waktu untuk salat tahajud adalah di sepertiga malam, tak ada waktu tepatnya tapi diperkirakan antara pukul 01.00 hingga 04.00, dan dilakukan setelah terbangun dari tidur (meskipun sejenak).

     

BAYAR ZAKAT