Keutamaan Berbuka Puasa di Awal Waktu

Keutamaan Berbuka Puasa di Awal Waktu

Keutamaan Berbuka Puasa di Awal Waktu

20/04/2023 | Admin

Ketika tiba waktunya berbuka, Nabi SAW berpesan agar menyegerakan. Berbuka puasa dengan makan dan minum sesegera mungkin adalah bagian dari kebaikan. 

Dalam kitab Sahih Bukhari terdapat sebuah hadits yang menceritakan anjuran untuk berbuka puasa di awal waktu. Nabi SAW bersabda: 

“La yazalu an-nasu bikhairin ma ajjalu al-fithra” yang artinya: “Orang yang selalu baik adalah orang yang menyegerakan waktu berbuka puasa.” 

Hal ini tercatat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dengan hadits yang shahih. Dalam kitab Fathul Bari juga disebutkan: 

"Kana Ashaba Muhammad saw Asra a An-Nas, Iftharan wa Abthauhum Suhura". Yang berarti : “Para Sahabat Nabi Muhammad SAW adalah (mereka) yang paling cepat berbuka puasa dan paling lambat makan sahur.” 

Menyegerakan buka puasa adalah bagian dari sunnah Nabi. Maka umat Islam yang sedang berpuasa hendaknya bersegera berbuka puasa ketika waktunya tiba, yaitu. Ketika matahari terbenam. 

Dalam kitab Fathul Bari, Imam Bukhari menyebutkan: 

"Wa aftharu Abu Said Al-Khudri hina ghaba qurshu as-syamsyi". Yang berarti : "Abu Said Al-Khudri berbuka puasa ketika lingkaran matahari telah hilang."

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ