Inilah Bacaan Doa Gempa Bumi

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 04/02/2022
  • Inilah Bacaan Doa Gempa Bumi


    Bagi umat Muslim, salah satu cara utama untuk memohon pertolongan ketika gempa adalah dengan memanjatkan doa gempa bumi kepada Allah SWT. 

    Doa gempa bumi dilantunkan sebagai bentuk ikhtiar untuk diri sendiri dan orang lain yang terdampak gempa agar senantiasa dilindungi Allah. Maka dari itu, ketika musibah terjadi, umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan doa gempa bumi. 

    Berikut adalah bacaan doa gempa bumi:

    Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira ma arsalta bihi, wa audzubika min syarriha, wa syarri ma fiha wa syarri ma arsalta bihi.

    Artinya: 

    "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan." (HR An Nasa i).

    Kita juga dianjurkan memanjatkan doa gempa bumi bagi saudara-saudara kita yang terdampak, dengan melantunkan doa gempa bumi berikut:

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

    Artinya: 

    "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

     

    Sebagai umat Islam yang beriman, kita hendaknya bersabar dan percaya bahwa musibah merupakan ujian yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Kita dapat memohon perlindungan kepada Allah dengan melantunkan doa gempa bumi sesuai sunnah di atas dan juga berdzikir ketika terjadi bencana. Dengan terjadinya musibah, khususnya gempa bumi, kita akan selalu mengingat bahwa Allah SWT sebaik-baiknya penolong.

    Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. Ali Imran ayat 173 yang berkaitan dengan doa gempa bumi berikut:

    Allaziina qoola lahumun naasu innan naasa qad jamauu lakum fakhshawhuin fazaadahum iimaannanwa wa qooluu hasbunal laahu wa nimalwakiil 

    Artinya: 

    "(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."

    Manusia senantiasa berpasrah diri kepada Allah dengan memanjatkan doa gempa bumi ketika terjadi bencana. Barang siapa yang mengamalkan doa gempa bumi, niscaya Allah akan menjaganya dari musibah. Selain membaca doa gempa bumi, hal lain yang dapat kita lakukan ketika tertimpa musibah ialah memohon ampun kepada Allah dan memperbanyak sedekah.

    Mari sama-sama panjatkan doa gempa bumi kepada Allah SWT dan jangan lupa untuk bersedekah kepada korban terdampak gempa Banten melalui link baznas.go.id/donasibencana

BAYAR ZAKAT