Doa Sambut Ramadhan Untuk Mencapai Keberkahan

Sumber: BAZNAS RI

Doa Sambut Ramadhan Untuk Mencapai Keberkahan

12/04/2021 | Admin

Tak terasa, hanya tinggal hitungan hari lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan 1442 H. Bulan penuh berkah ini selalu ditunggu-tunggu kehadirannya karena memiliki banyak keistimewaan disetiap waktunya. Tak heran, jika banyak umat Muslim yang menyambutnya dengan penuh suka cita.

 

Sebelum menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini, ada baiknya bagi umat Muslim untuk memanjatkan doa menyambut Ramadhan agar segala ibadah yang dijalankan dapat mendapat berkah dan kemuliaan-Nya. Berikut ulasan terkait doa-doa menyambut bulan suci Ramadhan.

 

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami, Nabi Muhammad SAW mengamalkan doa berikut:

Allahumma sallimni li Ramadhana, wa sallim Ramadhana li, wa sallimhu minni. 

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan Hilal) ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadhan.”

 

Doa kebaikan lainnya adalah sebagaimana yang dijelaskan dalam Latha-if al-Ma’arif, 148:

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amalan-amalanku di bulan Ramadhan.”

 

Pada zaman Rasulullah SAW, para sahabat dan ulama pun menyambut kehadiran bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, dan melepasnya dengan tangisan. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Dorrutun Nasihin yang berbunyi:

Artinya: “Siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

 

Selain memanjatkan doa-doa kebaikan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, ada baiknya juga diiringi dengan berzikir, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika melihat tanda datangnya bulan Ramadhan. Diriwayatkan dalam hadist Imam Ahmad, yang berbunyi:

Allahu akbaru, la haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhini. Allahumma inni as’aluka khaira hadzas syahri, wa a’udzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya: “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang Maha Agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

 

Mari sempurnakan ibadah dan memperbanyak amalan, agar dapat meraih keberkahan di bulan suci Ramadhan, melalui sedekah yang Anda tunaikan di BAZNAS.

Sedekah sekarang melalui:

BNI – 700.007.704

(a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas

 

Setelah melakukan transaksi, silahkan mengkorfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

 

Terima Kasih

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ