Doa Dan Amalan-Amalan Untuk Memaksimalkan Malam Lailatul Qadar

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 03/05/2021
  • Sumber: BAZNAS RI


    Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat diharapkan oleh umat Islam. Pasalnya, di malam penuh kemuliaan itu, Allah SWT menjanjikan keberkahan dan kesejahteraan untuk hamba-Nya. 

     

    Malam Lailatul Qadar memberikan berkah yang begitu besar kepada siapa saja umat muslim yang mendapatkannya. Bahkan, malam Lailatur Qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Sebab, di waktu tersebut Al-Qur`an diturunkan ke langit bumi dalam jumlah dan bentuk yang utuh. 

     

    “Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan, pada malam yang ke sembilan tersisa, malam yang ke tujuh tersisa, malam yang ke lima tersisa.” (HR. Bukhari)

     

    Amalan demi amalan dilakukan oleh umat Islam untuk meraih malam Lailatul Qadar yang disebut jatuh pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Berikut doa dan amalan yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pencarian malam Lailatul Qadar.

     

    Doa malam Lailatul Qadar

    Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa`fuanna

    Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah."

     

    Amalan di malam Lailatul Qadar

    Melaksanakan shalat

    Dalam pencarian malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk memperbanyak shalat malam, seperti shalat tarawih, shalat taubat, shalat tasbih, shalat tahajud, shalat hajat, hingga shalat witir.

    “Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

     

    Dari hadits tersebut, kita mengetahui bahwa jika melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar dapat memperoleh pahala dan ampunan dosa yang berlimpah.

     

    Membaca Al-Qur`an

    Tadarus Al-Qur`an juga bisa dilakukan mengingat ini merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW di malam-malam bulan Ramadhan, termasuk di 10 hari terakhir ketika datangnya malam Lailatul Qadar.

     

    Itikaf

    Amalan-amalan malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan adalah iktikaf. Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

    Ini adalah momen di mana umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, serta serta bermuhasabah atau intropeksi diri terhadap perbuatan yang dilakukan selama ini.

     

    Bersalawat untuk Rasulullah SAW

    Dalam pencarian malam Lailatul Qadar, umat Islam juga dianjurkan mengirimkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

     

    Bertaubat

    Malam Lailatul Qadar juga dapat diisi dengan muhasabah diri atau merenungkan kesalahan serta ibadah yang sudah dilakukan. Dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga jadi kesempatan yang baik dalam memperbaiki diri. Mohonlah ampunan kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh. Perbanyak bertaubat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

     

    Di bulan suci Ramadhan ini mari memperbanyak ibadah dan menebar kebaikan melalui sedekah yang Anda tunaikan di BAZNAS.

    Sedekah sekarang melalui:

    BNI – 700.007.704

    (a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

    Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas 

     

    Setelah melakukan transaksi, silakan mengonfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

BAYAR ZAKAT