"https://baznas.go.id/182"
  • Tanggal : 06/09/2019
  • Diposting oleh : Admin

Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional melalui Program Zakat Community Development (ZCD) di Desa Jayamekar, Kecamatan Baros, Kabupaten Sukabumi terus berjalan beriringan dengan adanya impian untuk mewujudkan destinasi wisata berbasis pemberdayaan masyarakat di Kota Sukabumi.

Salah satu program ZCD yang terdapat di Kampung Wisata Edukasi Kuliner adalah pengrajin Rangginang Alit. Rangginang tersebut biasanya hanya ditemukan pada momen tertentu seperti saat lebaran atau hajatan. Namun, saat ini Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rizki Berkah malakukan inovasi untuk membuat rangginang ini menjadi cemilan sehari-hari dengan berbagai varian rasa dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Varian rasanyanya terdiri dari terasi, pedas, manis dan kencur.

Dalam setiap usaha, diperlukan adanya marketing guna meningkatkan pendapatan hasil penjualan. Salah satu cara yang dilakukan Sahabat ZCD adalah melakukan pemasaran yang lebih luas melalui kerjasama dengan salah satu toko di Kota Sukabumi yaitu S-Mart (Sukabumi Mart). Salah satu produk yang sudah masuk ke S-Mart adalah COTE (Cokelat Tempe). Senin (2/9) menjadi hari perdana bagi kelompok mustahik untuk mendistribusikan COTE di S-Mart, yang mana di supermarket tersebut juga dapat melakukan pembelajaan melalui aplikasi yang telah dikembangkan oleh tim bersangkutan.

Setelah bernegoisasi dengan Bapak Ende selaku Direktur S-Mart, sistem penjualan yang akan berlaku dari KUB ke S-Mart menggunakan sistem pembayaran tunai. Saat ini, telah didistribusikan sebanyak 10 dus COTE seharga Rp. 5.500 /pcs. Diharapkan dengan masuknya produk COTE ke salah satu supermarket di Sukabumi dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi mustahik dan dapat dikenal luas oleh masyarakat.