Amalan-Amalan Baik di Bulan Suci Ramadhan

Sumber: BAZNAS RI

Amalan-Amalan Baik di Bulan Suci Ramadhan

16/04/2021 | Admin

Bukan soal menahan hawa nafsu dan lapar saja, bulan suci Ramadhan merupakan momen terbaik bagi umat muslim dalam menjalankan amalan-amalan sederhana untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Karena itu banyak dari umat muslim yang sangat merindukan bulan penuh berkah ini dan berlomba-lomba untuk menjalankannya dengan baik.

 

Sebelum menjalankan ibadah pada bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, ada baiknya kita mengetahui amalan-amalan apa saja yang bernilai ibadah untuk memperbanyak pahala yang didapat.

 

Berzikir

Dzikir merupakan salah satu amalan yang tepat dan mudah untuk dilakukan pada bulan Ramadhan. Dzikir dapat dilakukan secara lisan maupun dalam hati. Sebagaimana perintah dzikir yang tertuang dalam firman Allah di Surat Al-Azhab ayat 41 yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya.”

 

Tadarus Al-Qur’an

Bertadarus atau membaca Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan akan mendapatkan banyak pahala dan keberkahan. Nabi Muhammad SAW, dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alim lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmizi)

 

Bersedekah

Salah satu amalan yang mendatangkan banyak rezeki dan pahala adalah sedekah. Sedekah yang ditunaikan pada hari biasa saja sudah mendapatkan pahala, apalagi jika dilakukan pada bulan suci Ramadhan, tentu pahala yang didapatkan akan berlipat-lipat ganda. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah : 261, berjanji akan melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah meskipun hanya sebutir biji.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tagkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia hendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah : 261)

 

Membagikan Makanan

Selain itu, amalan-amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Suci Ramadhan adalah dengan memberi makan orang yang berpuasa. Rasulallah SAW bersabda:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi maupun Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hafizh Abu Thahir)

 

Itikaf

Beritikaf atau berdiam diri di dalam masjid merupakan amalan baik yang disunahkan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pahala lailatul qadar. Waktu utama yang bisa dilakukan untuk beritikaf adalah pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Aisyah RA berkata, “Bila telah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi SAW menghidupkan malam, membangunkan keluarga (istrinya) dan meninggalkan istrinya (tidak berhubungan suami istri).” (HR Bukhari dan Muslim)

 

Sholat Tarawih

Setelah menahan hawa nafsu dan lapar dengan berpuasa, amalan baik selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperoleh pahala adalah dengan menunaikan sholat tarawih.

“Barang siapa yang menjalankan qiyamu Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari).

 

Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

Lailatur qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam Lailatul Qadar ini datang pada malam-malam terakhir di bulan Ramadhan. Pada malam kemuliaan ini, umat muslim dianjurkan untuk dapat menjalankan banyak amalan-amalan baik seperti berdzikir, berdoa, tadarus, itikaf, shalat malam, memperbanyak taubat dan amalan baik lainnya. Aisyah menceritakan “Rasulallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesunnguhan beliau di waktu lainnya.” (HR. Muslim)

 

Menjaga Silaturahmi

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Dari banyaknya amalan-amalan baik di bulan Ramadhan, semoga kita senantiasa menjalankan amalan-amalan tersebut dengan baik dan meraih keberkahan ibadah di bulan Ramadhan.

 

Mari tebar kebahagiaan di bulan Ramadhan, melalui infak yang Anda tunaikan ke BAZNAS agar dapat meraih keberkahan beribadah.

Sedekah sekarang melalui:

BNI – 700.007.704

(a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas

 

Setelah melakukan transaksi, silahkan mengkorfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

Terima Kasih

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ