Niat Buka Puasa Senin Kamis: Tata Cara dan Keutamaannya

Niat Buka Puasa Senin Kamis: Tata Cara dan Keutamaannya

Niat Buka Puasa Senin Kamis: Tata Cara dan Keutamaannya

31/03/2024 | Humas BAZNAS

Niat buka puasa Senin Kamis adalah keinginan untuk menjalankan ibadah puasa sunnah yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Dalam ajaran Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad, terdapat penjelasan mengenai keutamaan dan keistimewaan puasa sunnah ini, yang menjadi landasan dalam melaksanakan ibadah tersebut.

 

Niat Buka Puasa Senin Kamis dan Tata Caranya

Niat memegang peran penting dalam menjalankan ibadah puasa Senin Kamis. Hal ini karena niat menjadi penentu sah atau tidaknya pelaksanaan puasa yang dilakukan. Selain niat, terdapat beberapa aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam menjalankan puasa Senin Kamis, seperti tata cara dan keutamaanya. 

Tata cara niat buka puasa Senin Kamis merupakan hal yang krusial dalam menjalankan ibadah tersebut. Tata cara ini menjadi penentu sah atau tidaknya pelaksanaan puasa. Beberapa prosedur yang harus diperhatikan dalam melaksanakan puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut:

1. Niat untuk melakukan puasa Senin Kamis hendaknya diucapkan pada malam sebelum fajar tiba. Niat tersebut bisa diungkapkan secara lisan atau dalam batin.

2. Pelaksanaan puasa Senin Kamis dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selama masa puasa, umat Islam dilarang untuk makan, minum, dan melakukan hubungan badan.

3. Waktu untuk buka puasa Senin Kamis adalah saat matahari terbenam. Proses berbuka puasa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

Dengan memahami tata cara ini, niat buka puasa Senin Kamis menjadi sangat penting karena menentukan validitas pelaksanaan ibadah puasa tersebut. Ketidakpatuhan terhadap tata cara yang telah ditetapkan dapat mengakibatkan puasa menjadi tidak sah.

 

Doa buka puasa Senin Kamis yang umum

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.

 

Doa buka puasa Senin Kamis dari hadits Ibnu Umar RA

Dzahabaz zhamau wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.

 

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Senin merupakan hari yang istimewa dalam Islam. Hari ini dipenuhi dengan berbagai keutamaan yang tidak dimiliki oleh hari-hari lainnya. Beberapa keutamaan Senin termasuk di antaranya adalah sebagai hari penciptaan Nabi Adam AS, hari wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, pembukaan pintu-pintu surga, dan pengampunan dosa bagi orang yang berpuasa pada hari tersebut.

Serta keutamaan Kamis merupakan salah satu aspek penting dalam niat buka puasa Senin Kamis. Hari Kamis memiliki sejumlah keistimewaan yang tidak ditemukan pada hari-hari lainnya. Termasuk di antaranya adalah hari pembukaan pintu surga, pengampunan dosa, penerimaan amalan, dan pemberian syafaat.

Demikian terkait niat buka puasa Senin Kamis, semoga kita semakin taat dan istiqomah dalam menjalankannya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ