Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Khasiat Doa dalam Kebersamaan

Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Khasiat Doa dalam Kebersamaan

Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Khasiat Doa dalam Kebersamaan

08/05/2024 | Humas BAZNAS

Salah satu yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Seluruh umat Islam menunggu kehadiran malam tersebut karena Allah Swt menyatakan bahwa akan ada kebaikan yang setara dengan seribu bulan.

Sangat wajar apabila banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan kebaikan tersebut untuk menyongsong Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar menjadi malam penentuan walaupun dari segi pelafalannya yaitu “al-qadar” adalah penentuan nasib manusia, rezekinya, umurnya, dan hal sebagainya. 

Keterangan dalam Al-Quran menyebutkan bahwa kitab suci ini diturunkan pada malam hari yang tidak disebutkan dalam surah Al-Qadar saja, tetapi juga dalam Surah Ad-Dukhan ayat 3 dengan kalimat “lailatin mubarakatin” (malam yang penuh berkah). Dimana firman Allah Swt tersebut artinya bahwa “Sesungguhnya Kami turunkan Al-Quran pada malam yang penuh berkah dan sesungguhnya kami adalah pemberi peringatan.”

 

Keutamaan dan Kebersamaan Doa di Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Nilai pahala yang besar, amalan ibadah dilakukan pada Malam Lailatul Qadar yang mempunyai nilai pahala lebih besar dari pada ibadah yang dilakukan selama seribu bulan atau setara dengan 83 tahun.

Malam terbaik untuk memohon ampunan, Malam Lailatul Qadar merupakan waktu terbaik dalam memohon ampunan-Nya kepada dosa-dosa yang pernah kita perbuat.

Turunnya malaikat, pada malam tersebut, malaikat akan turun ke bumi dan membawa berkah serta kedamaian kepada seluruh umat manusia.

Keputusan takdir, malam tersebut adalah malam ditentukannya segala keputusan takdir pada tahu yang akan datang, termasuk diantaranya adalah rezeki, umur, serta peristiwa-peristiwa lainnya yang penting dalam kehidupan manusia. 

Kehadiran Allah dengan kasih sayang-Nya, Allah Swt akan sangat dekat dengan hamba-Nya dan memberikan kasih sayang-Nya yang jauh lebih besar dari pada malam-malam lainnya. 

Khasiat Kebersamaan Doa di Malam Lailatul Qadar

Meningkatkan kualitas doa, ketika berdoa bersama-sama dapat saling memotivasi dan memperkuat iman satu sama lain. Kehadiran kita bersama dengan orang-orang yang dicintai akan dapat meningkatkan kualitas doa dan membuatnya lebih tulus.

Memperoleh berkah berkali-kali lipat, Rasulullah Saw telah memberikan penekanan akan kebersamaan dalam doa. Terlebih lagi jika doa tersebut dilakukan bersama-sama, dapat mendatangkan berkah berkali lipat.

Membangun kebersamaan dan persaudaraan, Malam Lailatul Qadar memberi kesempatan bagi kita untuk saling membangun kebersamaan, persaudaraan, dan hubungan yang lebih kompak kepada sesama muslim. Hal inilah yang dapat menguatkan ikatan antar umat Islam dalam menciptakan kebersamaan yang harmonis.

Mengajarkan nilai kepedulian dan kehangatan, berdoa bersama pada Malam Lailatul Qadar dapat mengajarkan nilai-nilai kepedulian dan kehangatan pada generasi muda. Terutama bagi mereka yang belajar tentang pentingnya momen keagamaan bersama keluarga dan lingkungan komunitas. 

Meningkatkan kekuatan spiritual, kebersamaan dalam doa di Malam Lailatul Qadar dapat meningkatkan kekuatan spiritual, dalam suasana yang penuh dengan kekhusyukan dan kesatuan dalam menghadirkan kedekatan dengan Allah Swt.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar inilah yang bisa membangkitkan semangat umat Islam untuk bertafakur, beramal, dan memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yang tidak bisa diprediksi atau ditentukan secara tepat. Ini karena kedatangannya terselubung dalam misteri, yang hanya bisa dirasakan oleh individu yang mendapatkan keistimewaan malam tersebut.

Islam menganjurkan kita untuk selalu beramal dengan penuh keikhlasan dan tanpa mengharapkan imbalan, sehingga berpotensi mendapatkan ganjaran pahala yang lebih besar di sisi Allah Swt. Maka dari itu, baik Infak maupun Sedekah sama-sama mempunyai nilai dan makna penting dalam kehidupan beragama.

Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural yang mengelola dan mengkoordinasikan zakat secara nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat ini dipercaya publik berkat komitmen dan program-programnya dalam menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). BAZNAS RI merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Mari kunjungi laman Sedekah BAZNAS untuk melakukan Infak atau Sedekah secara online. Semoga setiap kebaikan yang kita keluarkan, bisa menjadi amal jariyah yang senantiasa mengalir pahalanya, Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ