Kapan Malam Lailatul Qadar Tiba, Sambut Kehadirannya dengan Khusyuk

Kapan Malam Lailatul Qadar Tiba? Sambut Kehadirannya dengan Khusyuk

Kapan Malam Lailatul Qadar Tiba, Sambut Kehadirannya dengan Khusyuk

13/05/2024 | Humas BAZNAS

Kehadiran Malam Lailatul Qadar adalah momen yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam. Maka dari itu, kita perlu mengetahui kapan malam lailatul qadar tiba, sehingga kita bisa mempersiapkannya dengan hati yang suci, jiwa semangat dan pikiran yang khusyuk.

Lailatul Qadar selalu diperkirakan pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Untuk kalangan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) tentunya akan terjadi perbedaan perkiraan Malam Lailatul Qadar, karena memang permulaan hari puasa Ramadhan 2024 pun berbeda di antara keduanya. 

Ini karena pada Ramadhan 1445 H ini, umat Islam di Indonesia mulai bulan puasanya dari tanggal berbeda. Hari pertama untuk kalangan Muhammadiyah adalah pada Senin, 11 Maret 2024. Sedangkan, hari pertama bagi NU pada Selasa, 12 Maret 2024.

 

Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 1445 H?

Sebenarnya tidak dijelaskan secara pasti kapan terjadinya Malam Lailatul Qadar, karena Nabi Saw pun selalu memiliki kebiasaan untuk beritikaf atau mendekatkan diri kepada Allah Swt pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. 

Hal tersebut ditukil dalam sebuah hadits riwayat dari Aisyah Ra, bahwa “ketika memasuki 10 malam terakhir (Ramadhan), Rasulullah tetap terjaga di malam hari (untuk sholat dan beribadah), membangunkan keluarganya, dan mempersiapkan diri untuk beribadah (dengan lebih semangat)," (H.R. Muslim).

Nabi Saw juga menganjurkan untuk mencari Malam Lailatul Qadar di malam-malam ganjil seperti yang diriwayatkan Aisyah Ra, “Carilah malam qadar di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan," (H.R. Bukhari). Oleh karena itu, kemungkinan akan jatuh pada malam ke 21, 23, 25, 27, dan 29.

Jika dilihat dari kalender Ramadhan 1445 H, Malam Lailatul Qadar diperkirakan akan terjadi pada tanggal 31 Maret 2024, 2 April 2024, 4 April 2024, 6 April 2024, dan 8 April 2024 untuk kalender Muhammadiyah. Sedangkan menurut kalender NU, jatuh pada tanggal 1 April 2024, 3 April 2024, 5 April 2024, 7 April 2024, dan 9 April 2024.

Setelah mengetahui kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 1445 H, sudah seharusnya kita pada sepanjang malam tersebut, menjalankan sejumlah amalan. Seperti diantaranya melakukan shalat sunnah, berdzikir, membaca Al-Quran, hingga beritikaf. Sebab dijelaskan dalam hadist, terdapat kemuliaan saat menjalankan ibadah di Malam Lailatul Qadar. 

Islam menganjurkan kita untuk selalu beramal dengan penuh keikhlasan dan tanpa mengharapkan imbalan, sehingga berpotensi mendapatkan ganjaran pahala yang lebih besar di sisi Allah Swt. Maka dari itu, baik Infak maupun Sedekah sama-sama mempunyai nilai dan makna penting dalam kehidupan beragama.

Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural yang mengelola dan mengkoordinasikan zakat secara nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat ini dipercaya publik berkat komitmen dan program-programnya dalam menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). BAZNAS RI merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Mari kunjungi laman Sedekah BAZNAS untuk melakukan Infak atau Sedekah secara online. Semoga setiap kebaikan yang kita keluarkan, bisa menjadi amal jariyah yang senantiasa mengalir pahalanya, Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ