Doa Puasa Senin Kamis: Amalan Doa yang Mendatangkan Berkah

Doa Puasa Senin Kamis: Amalan Doa yang Mendatangkan Berkah

Doa Puasa Senin Kamis: Amalan Doa yang Mendatangkan Berkah

23/03/2024 | Humas BAZNAS

Puasa Senin dan Kamis telah lama diakui sebagai praktik ibadah yang memberikan berkah besar bagi umat Islam. Selain ketaatan kepada sunnah Rasulullah SAW, puasa pada hari-hari ini juga merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa dan ibadah yang tekun. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika berpuasa Senin dan Kamis, serta bagaimana amalan ini dapat mendatangkan berkah bagi kehidupan kita.

Puasa Senin dan Kamis adalah dua hari yang sangat dianjurkan untuk dipuasa oleh umat Islam. Rasulullah SAW sendiri sering kali berpuasa pada hari-hari tersebut sebagai bentuk ibadah yang dianjurkan. Puasa Senin adalah untuk memperingati kebangkitan Nabi Adam AS, sedangkan puasa Kamis untuk mengenang peristiwa Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah.

Selain mengikuti jejak Rasulullah SAW, puasa pada hari Senin dan Kamis juga memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Puasa pada hari-hari tersebut dianggap sebagai cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mendapatkan berkah serta pahala yang besar.

 

Doa Puasa Senin dan Kamis yang Dianjurkan

Berikut beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika berpuasa pada hari Senin dan Kamis, yaitu: 

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Selain itu, ada doa lain yang dibaca saat puasa Senin Kamis, yaitu : 

Dzahabaz zhama u wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih." 

 

Selain doa-doa niat dan buka puasa di atas, umat Islam juga dianjurkan untuk berdoa dengan doa-doa lain sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing. Berdoa adalah cara untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT dan memohon perlindungan serta berkah-Nya.

Puasa Senin dan Kamis bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang memperdalam spiritualitas dan mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa. Doa-doa yang dibaca ketika berpuasa tidak hanya sebagai ritual, tetapi juga sebagai bentuk pengabdian dan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Dengan mengamalkan doa puasa Senin Kamis secara konsisten dan tulus, umat Islam diyakini akan mendapatkan berkah yang besar dalam kehidupan mereka. Berkah ini bisa berupa perlindungan dari segala bencana, kelancaran rezeki, kebahagiaan dalam keluarga, dan kesuksesan dalam segala hal yang dilakukan.

 

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ