Doa Fidyah Orang Meninggal: Dzikir untuk Keberkahan Rohani

Doa Fidyah Orang Meninggal: Dzikir untuk Keberkahan Rohani

Doa Fidyah Orang Meninggal: Dzikir untuk Keberkahan Rohani

07/05/2024 | Humas BAZNAS

Doa fidyah orang meninggal merupakan doa permohonan ampun dan pengampunan yang umumnya dapat dibaca oleh orang yang berpuasa untuk mengganti puasa orang yang tidak dapat melaksanakan puasa seperti karena sakit atau meninggal. 

Sebagai gantinya, keluarga dan orang-orang terdekat yang masih hidup diharapkan dapat mendoakan arwah orang tersebut yang telah meninggal dengan membaca doa-doa yang diajarkan dalam Islam. Seperti Surah Al-Fatihah atau doa-doa lain yang bisa membukakan ampunan dan rahmat bagi orang yang telah meninggal dunia. 

 

Bacaan Doa Fidyah Orang Meninggal

Untuk memberikan penggantian puasa yang tidak dapat dilaksanakan bagi seseorang yang telah tiada, ada salah satu doa yang bisa dipanjatkan oleh keluarga atau orang-orang terdekat yang ditinggalkannya. Yaitu sebagai berikut:

Allahumma atmim lahumsiama shahri Ramadan, wa aqbilhum bilafwi war-ridwan, wa arzuqhum husna ath-thawab.

Artinya:

"Ya Allah, sempurnakanlah puasa mereka di bulan Ramadhan, terimalah mereka dengan ampunan dan keridhaan, dan berikanlah mereka pahala yang baik."

 

Dzikir yang Dianjurkan untuk Orang Meninggal

Adapun dzikir yang dianjurkan untuk orang yang telah meninggal adalah berikut ini:

Surah Al-Fatihah

Membaca Surah Al-Fatihah merupakan doa umum yang sangat dianjurkan bagi setiap orang yang ingin mendoakan saudara atau kerabatnya yang meninggal. Surah ini adalah salah satu doa paling penting yang dapat memberikan keberkahan dan rahmat bagi orang yang meninggal.

Dzikir Istighfar

Beristighfar adalah permohonan ampunan kepada Allah Swt. Ini bisa menjadi anugerah besar dan menjadi pintu pengampunan Allah Swt kepada orang yang meninggal tersebut.

Dzikir Tasbih

Dzikir tasbih adalah dengan mengucapkan Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, dan La Ilaha Illallah, yang merupakan cara untuk mengingat Allah dan memperbanyak amal kebaikan bagi arwah orang yang telah meninggal.

Dzikir Doa

Jangan lupa untuk memohon doa keberkahan hidup di dunia dan akhirat untuk orang yang meninggal. Doa tersebut bisa dilafalkan sesuai dengan contoh di atas. 

Surah Yasin

Membaca Surah Yasin untuk orang meninggal bisa menjadi rahmat dan kedamaian arwah mereka di akhirat.

Dzikir Tahlil

Membaca kalimat-kalimat tahlil, seperti La ilaha illallah (Tiada Tuhan selain Allah), yang bisa dipanjatkan sebagai ungkapan kesaksian atas keesaan Allah dan harapan agar mereka mendapatkan rahmat-Nya.

Cara Membayar Fidyah Orang Meninggal

Keluarga atau kerabat yang ingin membayarkan fidyah atas nama orang yang telah meninggal tersebut, dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

Mereka harus berniat tulus untuk membayar fidyah orang meninggal, dengan membaca lafal niat, “Nawaitu an ukhrija haadzihil fidyah an shaumi Ramadhana fulan bin fulan fardhan lillahi taala.” Artinya: "Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan puasa Ramadhan untuk Fulan bin Fulan (disebutkan nama mayatnya), fardhu karena Allah".

Membayar fidyah tersebut dengan memberi makan sejumlah orang miskin sesuai dengan jumlah hari puasa yang telah ditinggalkan orang meninggal tersebut.

Selama proses memberi makanan tersebut, kerabat atau keluarga bisa berdoa kepada Allah Swt agar amalan fidyah ini bisa diterima dan melunasi utang puasa arwah orang yang telah meninggal. 

Itulah sejumlah pembahasan mengenai doa-doa fidyah orang meninggal, serta tata cara membayar fidyah orang meninggal. Semoga segala hal baik yang kita kerjakan seperti fidyah ini untuk kerabat atau orang-orang terdekat kita yang telah tiada, bisa mengalir juga pahalanya ke kita dan membukakan pintu rahmat-Nya. Aamiin Ya Rabb. 

Islam menganjurkan kita untuk selalu beramal dengan penuh keikhlasan dan tanpa mengharapkan imbalan, sehingga berpotensi mendapatkan ganjaran pahala yang lebih besar di sisi Allah Swt. Maka dari itu, baik Infak maupun Sedekah sama-sama mempunyai nilai dan makna penting dalam kehidupan beragama.

Sebagai Lembaga Pemerintah Nonstruktural yang mengelola dan mengkoordinasikan zakat secara nasional, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat ini dipercaya publik berkat komitmen dan program-programnya dalam menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). BAZNAS RI merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Mari kunjungi laman Sedekah BAZNAS untuk melakukan Infak atau Sedekah secara online. Semoga setiap kebaikan yang kita keluarkan, bisa menjadi amal jariyah yang senantiasa mengalir pahalanya, Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ