Beragam Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

Beragam Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

Beragam Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Rajab

15/01/2024 | Humas BAZNAS RI

Bulan Rajab adalah salah satu bulan suci dalam agama Islam, menjadi momen yang diisi dengan keberkahan dan keutamaan. Selama bulan ini, berbagai peristiwa penting terjadi yang memberikan warna dan makna khusus bagi umat Islam.

Bahkan salah satu peristiwa penting itu turut memberi peran dalam kehidupan manusia di zaman modern.

Peristiwa penting apa saja yang terjadi di Bulan Rajab?

1. Ibunda Nabi Muhammad mulai mengandung

Sayyidah Aminah binti Wahb mulai mengandung janin yang kelak diberi nama Muhammad pada bulan Rajab. Setelah mengandung selama sembilan bulan, pada bulan Rabi’ul Awwal Sayyidah Aminah melahirkan makhluk yang paling mulia, baginda Nabi agung Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kelahirannya adalah rahmat yang Allah hadiahkan kepada alam semesta.

 

2. Isra' dan Mi'raj

Salah satu peristiwa paling luar biasa yang terjadi pada bulan Rajab adalah Isra' dan Mi'raj, perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan ke langit-langit yang lebih tinggi. Pengalaman spiritual ini menjadi bukti kebesaran Allah dan memperkuat iman umat Islam.

 

3. Pertempuran Tabuk

Pada bulan Rajab, tahun 9 H, Rasulullah SAW memimpin pasukan Muslim dalam Pertempuran Tabuk melawan pasukan Romawi. Meskipun sulit, pertempuran ini mengajarkan umat Islam tentang keberanian, kekuatan persatuan, dan ketabahan dalam menghadapi tantangan.

Perang antara kaum Muslimin dan bangsa Romawi tersebut berhasil dimenangkan oleh kaum muslimin. Meski dalam keadaan yang sulit, mereka berhasil memenangkan peperangan tersebut.

 

4. Kelahiran Imam Ali RA

Bulan Rajab juga menjadi bulan kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib RA, salah satu sahabat terdekat dan menantu Rasulullah. Kepemimpinan dan keteguhan Imam Ali memberikan inspirasi bagi umat Islam dalam menegakkan keadilan.

Ali bin Abi Thaib bin Abdul Muththalib bin Hasyim lahir di Mekkah pada tanggal 13 Rajab. Ali lahir pada tahun ke-32 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Ada juga yang menyebutkan jika Ali dilahirkan pada 21 tahun sebelum hijriah.

Ayahnya adalah paman dari Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay. Sedangkan ibunya bernama Fathimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf.

 

5. Pembebasan Baitul Maqdis

Pada tanggal 27 Rajab 583 H, Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis, Palestina. Ketika ingin membebaskan Palestina, Sultan Shalahuddin al Ayyubi tidak langsung menyiapkan tentara dan peralatan perang. Akan tetapi yang mula-mula beliau mempersatukan umat Islam dalam satu ikatan aqidah yang benar, yaitu aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah.

Kesatuan aqidah akan melahirkan kesatuan hati. Kesatuan hati antarumat Islam adalah kekuatan dahsyat yang tidak terkalahkan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu, beliau memerintahkan setiap muazin di semua wilayah yang beliau kuasai untuk mengumandangkan aqidah Asy'ariyyah setiap hari sesaat sebelum adzan shubuh.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ