Dorong Kemandirian Ekonomi Mustahik, BAZNAS Luncurkan Program Usaha ZChicken di Kendal

  • Diposting oleh : HUMAS BAZNAS
  • Tanggal : 24/09/2022
  • Dokumentasi BAZNAS


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan program usaha ZChicken untuk memberdayakan mustahik yang berada di Kendal, Jawa Tengah. Program ZChicken digulirkan sebagai upaya mengangkat perekonomian dan memberi kesejahteraan mustahik melalui dana zakat, infak, dan sedekah.

    Simbolisasi penyerahan bantuan dilakukan di Pendopo Kabupaten Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (24/9), dengan dihadiri Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA; Bupati Kendal Dico M Ganinduto; Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Dr. KH. Ahmad Darodji, M. Si, serta Ketua BAZNAS Kabupaten Kendal, Syamsul Huda, S.PdI., M.PdI, dan jajaran terkait.

    Peluncuran ini merupakan rangkaian dari program bantuan usaha 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di Pulau Jawa. Sebelumnya program ZChicken telah terlebih dahulu diluncurkan di Jawa Tengah pada 7 Februari 2022 lalu. 

    "Hingga saat ini di Jawa Tengah telah direalisasikan 151 gerobak ZChicken, dan di Kabupaten Kendal terdapat 30 mustahik penerima manfaat program ZChicken. Ini merupakan bagian dari 1.000 ZChicken untuk dikelola para mustahik di Pulau Jawa. Melalui bantuan produktif ini, BAZNAS berharap dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat dan mendorong kemandirian ekonomi penerima manfaat," ucap Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA. 

    Noor menambahkan, dengan mengusung pemberdayaan di bidang kuliner dengan konsep usaha Waralaba Fried Chicken yang berkelanjutan, BAZNAS juga akan terus mendorong memaksimalkan potensi pasar yang luas. 

    "BAZNAS tak hanya memberikan bantuan usaha ZChicken, namun turut membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal. Salah satunya dengan membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken yang juga dimiliki kelompok mustahik," ucap Noor. 

    Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyambut baik upaya BAZNAS dalam mengangkat perekonomian warga Kendal agar terus berdaya. Menurut Dico, hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mengentaskan kemiskinan dan memberi kesejahteraan kepada masyarakat Kendal.

    "Kami di Pemkab Kendal memiliki berbagai program unggulan yang ditujukan untuk mengangkat perekonomian masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dengan adanya program BAZNAS yang saya nilai sangat bermanfaat ini, tentu akan semakin mengoptimalkan dan mempermudah kita dalam mencapai tujuan bersama," kata Dico.

>
BAYAR ZAKAT