BAZNAS dan Bank Permata Syariah Luncurkan Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar

  • Diposting oleh : HUMAS BAZNAS
  • Tanggal : 03/10/2021
  • Dokumentasi BAZNAS


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Bank Permata Syariah meluncurkan Program Balai Ternak Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. 

     

    Dana zakat dari Bank Permata Syariah yang dialokasikan untuk bidang pendistibusian (pemberian beasiswa) dan bidang pendayagunaan (program Zmart, Lumbung Pangan, dan program Balai Ternak) adalah sebesar Rp 3.220.799.403. Adapun Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Tanah Datar ini, merupakan salah satu titik pengembangan wilayah baru pada tahun 2021. 

     

    Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan M.A menyampaikan apresiasi kepada UPZ BAZNAS Bank Permata Syariah  yang turut berupaya mengangkat ekonomi mustahik. Terlebih pada masa pandemi, diperlukan berbagai banyak cara untuk mendorong berputarnya perekonomian mustahik.

     

    “BAZNAS berterima kasih kepada UPZ BAZNAS Bank Permata Syariah dalam mendukung tercapainya kesejahteraan mustahik, kerja sama ini diwujudkan dalam program Balai Ternak ini,” kata Saidah. 

     

    Kegiatan simbolis peresmian kerja sama diselenggarakan di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Ahad  (3/10/2021). 

     

    Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra S.E, Direktur Bank Permata Syariah  Herwin Bustaman, MBA, Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Barat H Bukhori, Ketua BAZNAS Kabupaten Tanah Datar Yasman Syah, M.Pd, dan Ketua Unit Pengumpul Zakat PT Bank Permata Habibullah.

     

    "Tidak hanya serta merta menyalurkan bantuan kepada para mustahik, program pemberdayaan ekonomi ini juga termasuk di dalamnya program pendampingan terhadap mustahik, mulai dari diselenggarakannya pelatihan-pelatihan, hingga bantuan pemasaran hasil ternak para mustahik," ujar Saidah.

     

    Menurutnya, program pendampingan yang dilakukan BAZNAS ini, bertujuan untuk mewujudkan kemandirian peternak mustahik. Kemandirian yang dicita-citakan adalah kemandirian secara ekonomi, kemandirian secara kelembagaan, dan kemandirian secara mental spiritual.

     

    Dalam Sambutannya, Bupati Tanah Datar Eka Putra S.E menyampaikan apresiasi serta menyambut baik program kerja sama yang diselenggarakan BAZNAS dan Bank Permata Syariah. 

     

    "Mudah-mudahan program ini mampu dikelola dengan baik serta dapat memperkuat perekonomian mustahik terutama di  masa pandemi covid-19," harapnya. 

     

    Sementara itu, Direktur Shariah Banking PT Bank Permata Herwin Bustaman mengatakan, sebagai wujud perhatian terhadap masyarakat Indonesia yang membutuhkan, agar mereka bisa bangkit dari keterpurukan, PT Bank Permata, Tbk, tahun ini menyerahkan Dana Zakat sebesar Rp.12.269.712.011,- (dua belas milyar lebih) kepada BAZNAS.

     

    "Adapun 30% dari dana tersebut Rp 3.220.799.403, dialokasikan untuk pendayagunaan masyarakat melalui program Zmart (Zakat Mart) dan MicroFinance (Pembiayaan Mikro) di berbagai daerah, serta untuk program Balai Ternak di Nagari Belimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar ini," ujarnya. 

     

    Herwin berharap, program ini akan menyerap tenaga kerja dan membantu ekonomi masyarakat sekitar mulai dari Budidaya Ternak (pembiakan, pembibitan dan penggemukan), Pakan Ternak, Lelang Ternak, Pengolah Hasil (daging dan susu), Pengolahan produk samping dalam bentuk pupuk organik (kompos dan biosulury). 

     

    "Dan semoga program-program serupa semakin bertambah jumlahnya di masa yang akan datang," ujarnya.

>
BAYAR ZAKAT