BAZNAS Bantu Bangkitkan Pelaku UMKM di Demak Melalui Program Zmart

  • Diposting oleh : Humas BAZNAS RI
  • Tanggal : 21/11/2022
  • Dokumentasi BAZNAS RI


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan program paket Zmart di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). 

    Sebanyak 55 warung akan menjadi penerima manfaat kali ini, yang tersebar di lima kecamatan yaitu Kecamatan Demak Kota, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Bonang, dan Kecamatan Wedung.

    Program Zmart merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. 

     

    Bantuan ini merupakan bagian dari 1.019 program Zmart tahap pertama yang disalurkan BAZNAS kepada 519 mustahik di 10 provinsi di Indonesia di tahun 2022. 

    Simbolisasi penyerahan bantuan dilakukan di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Senin (21/11/2022), dengan dihadiri Pimpinan BAZNAS Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, Ketua BAZNAS Kabupaten Demak Bambang Soesetiarto, dan Wakil Bupati Demak KH. Ali Makhsun.

    "Sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat, BAZNAS tak berhenti terus menginisiasi program-program unggulan produktif. Kali ini, bantuan program Zmart digulirkan di Jawa Tengah untuk memberi kesempatan kepada mustahik untuk mandiri secara ekonomi," kata Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA.

    Menurut Saidah, tujuan dari pelaksanaan program Zmart adalah meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar retail modern serta mengatasi kemiskinan. Program Zmart telah diinisiasi sejak tahun 2018 sudah berhasil membina 1.766 mustahik penerima program di 13 provinsi dan 34 kabupaten/kota. 

    "Dalam program Zmart, BAZNAS akan memberikan bantuan modal kepada para mustahik juga bantuan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita semua dalam melaksanakan niat mulia bagi pelaku UMKM dan memberikan berkah untuk kita semua," kata Saidah. 

    Sementara itu, Wakil Bupati Demak KH. Ali Makhsun mengapresiasi program produktif yang digulirkan BAZNAS di wilayah yang dipimpinnya itu. Menurutnya, program Zmart akan membantu program pengentasan kemiskinan yang digencarkan Pemkab Demak.

    "Hal ini sejalan dengan program pengentasan kemiskinan di Demak. Semoga program ini diberi kelancaran, dan saya yakin program BAZNAS selalu tepat sasaran jatuh di tangan orang yang tepat," ujarnya.

>
BAYAR ZAKAT