Turut Jaga Lingkungan, Mekanik Z-Auto BAZNAS Daur Ulang Limbah Bengkel

14/11/2023 | Ekonomi Perkotaan

Limbah menjadi permasalah utama di Indonesia, termasuk limbah bengkel yang jika tidak di manfaatkan dengan baik, maka akan berdampak buruk bagi lingkungan, hal ini mendorong Endang maryadi penerima manfaat Z-Auto BAZNAS untuk turut menjaga lingkungan agar tetap sehat dengan mendaur ulang limbah bengkel yang ada di lingkunganya.

Saat ini Endang rutin memperbaiki dan melakukan jual beli sparepart daur ulang sehingga tidak dibuang percuma. Cara ini dinilai ampuh menigkatkan pendapatan Endang, di samping ia juga konsisten membuka usaha bengkel setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Endang merupakan salah satu penerima manfaat program A-Auto di wilayah DKI Jakarta. Dia mendapatkan bantuan modal usaha berupa renovasi bengkel, alat kerja, modal kerja dan juga pendampingan dari program Z-Auto BAZNAS. 

Tidak hanya itu, kini Endang juga berhasil menambah lini usaha baru, yaitu jual beli sepeda motor bekas, hal tersebut dapat terlihat dari tumpukan sparepart daur ulang di bengkel berukuran 5x5 meter, yang iamanfaatkan ketimbang menumpuk di lingkungan sekitar dan menjadi sumber penyakit.

Usaha bengkelnya terletak di Cipinang Jagal, Pulogadung, Jakarta Timur. Endang mendapatkan sparepart bekas tersebut dari sepeda motor yang telah mati atau sudah tidak terpakai oleh pemiliknya, dan ernyata bisnis tersebut cukup menguntungkan.

Peningkatan pendapatanpun dirasakan oleh Endang, dalam sebulan ia dapat menambah untung usahanya dari Rp1.000.000 sampai Rp2.000.000 di luar dari pendapatan harianya dari jasa service sepeda motor, ganti oli, dan lain lain.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ