Tingkatkan Perekonomian Mustahik, BAZNAS Gelar Kurasi Produk UMKM di Jambi

10/06/2024 | Optimasi dan Pemasaran Produk

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan  kegiatan kurasi UMKM bagi mustahik binaan BAZNAS di lima kabupaten Provinsi Jambi wilayah Timur sebagai upaya mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan fokus pada peningkatan produk dan daya saing di pasar.

Pada kegiatan ini menyasar UMKM binaan BAZNAS di Provinsi Jambi pada wilayah Timur meliputi kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Batanghari, Muaro Jambi, Kota Jambi, baru-baru ini. 

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan BAZNAS Provinsi Jambi, memberikan fasilitas kepada UMKM untuk mendapatkan legalitas langsung yang meliputi NIB (Nomor Induk Berusaha) dan izin Edar PIRT (Pelaku Usaha dan Industri Rumah Tangga). Selain itu, para peserta juga mendapat fasilitasi lanjutan lainya, seperti sertifikat halal baik self declare maupun perbaikan kemasan. 

Dalam pelaksanaannya, BAZNAS bekerja sama dengan para ahli dan praktisi di bidangnya guna memberikan pendampingan teknis kepada para UMKM. 

Para peserta diberikan pengetahuan tentang berbagai aspek pengembangan UMKM guna meningkatkan kualitas dan daya tarik produk sehingga bisa meningkatkan daya saing di pasar lokal maupun internasional.

Kegiatan diawali dengan sesi sharing motivasi dari pengusaha lokal yang aktif membantu UMKM, dilanjutkan dengan pemberian  materi mengenai digitalisasi melalui marketplace lokal yaitu parto.id.

BAZNAS berharap, melalui kurasi ini, UMKM di Provinsi Jambi bisa terus berkembang sehingga bisa meningkatkan penjualan produk yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi mustahik.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ