Raih Pendapatan Rp34 Juta, Petani Binaan BAZNAS Kembali Tanam Bawang Merah Musim Ketiga

30/05/2024 | Ekonomi Pedesaan

Petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Edi melakukan olah lahan guna mempersiapkan penanaman bawang merah musim ketiga usai melakukan panen raya dalam Program Lumbung Pangan BAZNAS di Sleman yang bekerja sama dengan Pondok Pesantren Bumi Cendekia.

Panen raya dilakukan pada Selasa (28/05/2024) di lahan pertanian Edi seluas 500m² Desa Sumberagung, Minggir. Untuk memulai musim tanam ketiga, bibit bawang merah sebanyak 50 kg elah dipesan dan direncanakan untuk ditanam pada awal bulan Juni mendatang.

“Dalam program Lumbung Pangan Sleman, bawang merah kembali menjadi komoditas pilihan para petani. Kami berharap pada musim tanam ini harga bawang merah akan tinggi,” ujar Edi.

Menurut Edi, Program Lumbung Pangan BAZNAS di Sleman tidak hanya fokus pada bawang merah tetapi juga cabai. Pada musim tanam kedua, Edi menanam cabai dan panen lebih dari 45 kali, menghasilkan pendapatan sekitar Rp34.000.000. Dia berharap, program ini semakin menyejahterakan petani.

Ke depannya, Edi menyampaikan, akan dilakukan olah lahan lanjutan dengan menggunakan cultivator untuk memaksimalkan persiapan tanah sebelum penanaman.

Dengan berbagai upaya ini, Program Lumbung Pangan Sleman diharapkan dapat terus meningkatkan kesejahteraan para petani dan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Sleman.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ