Peternak Binaan BAZNAS Tingkatkan Kualitas Kambing Perah lewat Pemberian Pakan Berkualitas

05/06/2024 | Ekonomi Pedesaan

Para peternak binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI yang tergabung dalam Kelompok Galuh Sejahtera melakukan panen rumput raja (king grass) untuk pakan hewan ternak guna meningkatkan produktivitas dan kualitas susu pada kambing perahnya. 

Pakan ternak menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam menghasilkan hewan ternak yang berkualitas, maka penting bagi para peternak memperhatikan kualitas dan manajemen pakan ternaknya.

"Kami menyadari kualitas pakan ternak dapat mempengaruhi kualitas kambing perah yang kami budidayakan. Oleh sebab itu, kami sangat memperhatikan kualitas pakan hewan ternak kami," ucap Ade, salah satu anggota Kelompok Galuh Sejahtera Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat.

Ade menyampaikan, saat ini kelompoknya tengah bersiap untuk meningkatkan penjualan susu kambing perahnya setelah mendapatkan informasi dari PT Pure Fresh selaku mitra kelompok bahwa pasar susu akan kembali normal.

"Kami mendapatkan kabar bahwa pasar susu akan kembali normal dan itu semakin memacu kami untuk terus semangat dalam menghasilkan susu kambing perah yang berlimpah dan berkualitas," ujarnya.

Menurut Ade, kandungan nutrisi yang lengkap pada rumput raja menjadi alasan kelompoknya menggunakan rumput raja menjadi pakan utama pada kambing perahnya. 

"Seperti biasa kami kembali memanen rumput raja yang akan menjadi pakan utama bagi ternak kami. Selain rumput raja, kami juga mencari tambahan hijauan berupa legum dan limbah jagung yang masih hijau untuk dijadikan pakan bagi ternak kambing perah," kata Ade. 

"Untuk panen kali ini, alhamdulilah kami memperoleh sekitar 400 kg hijauan," tambahnya. 

Lebih lanjut, Ade mengatakan, sebagai langkah untuk menjaga persediaan pakan hewan ternak, kelompoknya melakukan fermentasi pada pakan yang tersisa. 

"Jika sisa pakan yang masih ada, kami langsung simpan ke dalam tong untuk dilakukan proses fermentasi. Dengan harapan stok pakan tersebut, bisa kami gunakan ketika kami sedang sibuk dan tidak bisa mencari rumput," jelas Ade. 

Ade menyampaikan, terima kasih kepada BAZNAS atas bantuan modal dan pendampingan yang diberikan kepada Kelompok Galuh Sejahtera.

"Terima kasih kami sampaikan kepada BAZNAS yang telah memberikan bantuannya, serta pendampingan kepada kami sehingga kami bisa mengembangkan atau bahkan meningkatkan usaha ternak kami. Alhamdulillah bantuan ini juga bisa menambah penghasilkan kami," pungkasnya. 

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ