Peternak Binaan BAZNAS Manfaatkan Ampas Tahu untuk Pakan Domba Berkualitas

12/06/2024 | Ekonomi Pedesaan

Wakid, salah satu peternak binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, telah mengembangkan metode inovatif dalam memberikan pakan berkualitas untuk domba di Banjarjo Farm. Dengan memanfaatkan ampas tahu sebagai pakan tambahan, Wakid berhasil meningkatkan kualitas dan efisiensi peternakan dombanya.

Ampas tahu, yang diperoleh dari pabrik setempat, digunakan sebagai pakan tambahan yang ekonomis. Ini menjadi solusi yang efektif mengingat ampas tahu kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan domba. "Penggunaan ampas tahu sebagai pakan tambahan tidak hanya mengurangi biaya pakan, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan domba kami," ujar Wakid.

Selain menggunakan ampas tahu, Wakid juga memanfaatkan pakan konsentrat pabrikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan ternaknya. Kombinasi antara pakan konsentrat dan ampas tahu terbukti mampu memberikan hasil yang optimal bagi peternakan domba di Banjarjo Farm.

Program pembinaan BAZNAS di Desa Banjarjo ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi peternak lainnya dalam memanfaatkan sumber daya lokal secara efektif dan ekonomis. Dengan pendekatan ini, peternakan domba di wilayah tersebut dapat berkembang lebih baik dan berkelanjutan.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ