Modal Usaha BAZNAS Bantu Warung Pecel Bu Tumisih Tetap Berjalan

28/11/2023 | Ekonomi Pedesaan

Ibu Tumisih, salah satu mitra binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dapat melanjutkan usaha pecelnya setelah mendapat bantuan modal usaha dari BMD (BAZNAS Microfinance Desa) Bedono, Demak.

Saat ini, Bu Tumisih dan suami tinggal bersama 2 orang anaknya, sedangkan 5 anak yang lain telah bersama keluarganya masing-masing.

Bakat berjualannya sudah terasah sejak kecil. Bu Tumisih kecil yang saat itu berumur 7 tahun, usia di mana seharusnya anak seumurannya bersekolah, justru dia dititipkan orang tuanya untuk ikut tinggal bersama pamannya dan membantu di warung. Tiga tahun kemudian saat Bu Tumisih berusia 10 tahun, dia memberanikan diri pamit dari pamannya kembali pulang ke rumah dan memilih bekerja mandiri dengan jualan sayur keliling.

Seiring berjalannya waktu, Bu Tumisih memutuskan kemudian menikah saat berusia 17 tahun dan mulai membuka usaha warung sendiri sampai dengan sekarang. Menu utama di warungnya adalah lontong pecel dan aneka gorengan. 

Saat ini, suami Bu Tumisih sudah tidak mampu bekerja lagi. Sebelumnya, suami Bu Tumisih sehari-hari bekerja sebagai juri parkir di Kota Semarang dan sudah setahun lebih tidak bekerja karena mengalami kecelakaan saat bekerja.

Dulu warung pecel Bu Tumisih sangat ramai dan hasil penjualan pun besar. Keuntungan yang diperoleh dari usaha warungnya pun banyak, sehingga dia bersama suami dapat membiayai kebutuhan keluarga dan sekolah anak-anaknya. 

"Meski hari-hari tidak seramai biasanya, omset penjualan warung saya mencapai Rp800 ribu dengan keuntungan bersih sehari sebesar Rp200 ribu," jelasnya.

"Terimakasih BAZNAS, sudah memberi modal untuk usaha saya, alhamdulillah warungnya bisa bertahan dan jalan terus," ucap Bu Tumisih.

BAZNAS melalui BAZNAS Microfinance Desa (BMD) bertekat untuk terus menyalurkan bantuan modal usaha bagi para UMKM selaku mustahik yang memiliki kesulitan untuk melanjutkan usaha mereka. Diharapkan dengan bantuan tersebut akan memberikan semangat baru bagi para pengusaha untuk terus menjalankan usahanya dan dapat membantu ekonomi keluarga menjadi masyarakat yang mandiri yang kelak juga dapat merubah mustahik menjadi muzaki.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ