Jaga Kualitas Ternak, Peternak Binaan BAZNAS di Sukabumi Konsisten Bersihkan Kandang Domba

27/05/2024 | Ekonomi Pedesaan

Kelompok Tani Berkah Tani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) secara konsisten melakukan kegiatan kebersihan kandang domba mereka. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kandang tetap bersih, nyaman, serta terhindar dari penyakit yang bisa menyerang ternak.

Para peternak yang tergabung dalam kelompok di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini telah memahami pentingnya kebersihan kandang dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan hewan ternak mereka. 

Kegiatan ini dilakukan secara intensif setiap hari oleh para pelaku ternak, termasuk Ipit yang selalu melakukan pembersihan kandang setiap sore. 

“Limbah kotoran domba dan rumput sisa pakan kemudian diolah menjadi pupuk organik, yang nantinya digunakan untuk budidaya padi organik, menjadikan praktik peternakan mereka lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan,” kata Ipit.

Menurut Ipit, metode kebersihan kandang dilakukan secara manual dengan menggunakan sapu lidi dan air bersih. Pendekatan ini memungkinkan pembersihan yang lebih maksimal, memastikan kandang tetap bersih dan sehat untuk domba-domba yang dirawat.

Kebersihan kandang yang terjaga tidak hanya memastikan kondisi ternak tetap sehat, tetapi juga membantu dalam mencapai bobot ideal untuk persiapan kegiatan kurban BAZNAS RI. Domba-domba dipersiapkan dengan bobot antara 23-26 kg dan 27-29 kg, sesuai dengan kategori yang ditetapkan.

Hasil dari kegiatan kebersihan kandang ini sangat positif. Kebersihan kandang tetap terjaga dan kondisi ternak dalam keadaan sehat. Tidak ada kendala yang berarti yang dihadapi oleh kelompok tani ini, menunjukkan bahwa program kebersihan dan perawatan yang diterapkan berjalan dengan baik.

Ke depan, kelompok tani ini merencanakan untuk melanjutkan kegiatan kebersihan berkala, melakukan monitoring kondisi ternak secara rutin, serta mengadakan pertemuan rutin dengan anggota kelompok sebagai bentuk evaluasi kegiatan mingguan.

Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan bahwa standar kebersihan dan kesehatan ternak tetap terjaga, serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional kelompok tani.

Dengan dukungan dan bimbingan dari BAZNAS, Kelompok Tani Berkah Tani Desa Cimanggu berhasil menunjukkan bahwa dengan dedikasi dan upaya yang tepat, kualitas ternak dapat ditingkatkan secara signifikan.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ