Hasilkan Domba Sehat dan Berkualitas, Balai Ternak BAZNAS Sumedang Optimalkan Silase Hijauan

29/05/2024 | Ekonomi Pedesaan

Balai Ternak Badan Amuil Zakat Nasional (BAZNAS) RI di di Desa Cijeunjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang mengoptimalkan silase hijauan untuk menyediakan stok pakan yang berkualitas dan kaya nutrisi bagi ternak domba. 

Peternak binaan BAZNAS, Odang bersama dengan tiga anggota lainnya melakukan penyacahan berbagai jenis rumput dan hijauan dengan komposisi sebagai berikut: 25 kg rumput jenis odot, 40 kg kinggrass, 200 kg pohon dan jagung muda, serta 20 kg kaliandra.

“Hijauan ini kemudian dicampur dengan dedak padi seberat 9 kg untuk meningkatkan kandungan nutrisi,” ujar Odang.

Odang mengatakan, setelah semua bahan tercampur rata, campuran hijauan tersebut dimasukkan ke dalam dua tong plastik berkapasitas 200 liter. Tong-tong ini akan digunakan untuk proses fermentasi selama dua minggu.

“Fermentasi hijauan menjadi silase merupakan metode yang efektif untuk mempertahankan kandungan nutrisi pakan serta meningkatkan daya cerna oleh domba,” katanya.

Menurut Odang, kegiatan pembuatan silase ini merupakan salah satu upaya Balai Ternak BAZNAS Sumedang dalam mengoptimalkan kualitas pakan ternak domba.

Dengan menyediakan pakan yang kaya nutrisi dan berkualitas tinggi, diharapkan kesehatan dan pertumbuhan domba dapat meningkat secara signifikan, menghasilkan domba-domba yang sehat dan berkualitas.

Balai Ternak BAZNAS Sumedang terus berinovasi dan melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung para peternak dalam meningkatkan produktivitas ternak mereka.

Dengan dukungan penuh dari anggota dan masyarakat, Balai Ternak BAZNAS Sumedang yakin dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan peternakan domba di wilayah tersebut.

Balai Ternak BAZNAS Sumedang berkomitmen untuk terus mendukung kesejahteraan peternak dan meningkatkan kualitas ternak domba di Kabupaten Sumedang.

“Melalui program-program seperti ini, diharapkan dapat tercipta ketahanan pangan yang lebih baik dan kesejahteraan ekonomi yang lebih tinggi bagi masyarakat peternak,” pungkasnya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ