Hari Santri, Sahabat ZCD Bengkulu Fasilitasi Kegiatan Pesantren Hijau

24/10/2023 | Ekonomi Perkotaan

Memperingati Hari Santri 22 Oktober 2023, Sahabat Zakat Community Development (ZCD) Kota Bengkulu memfasilitasi organisasi lingkungan dan pondok pesantren lakukan kegiatan pesantren hijau

Kegiatan diselenggarakan di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Quran, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Kelurahan yang merupakan bagian dari Kota Pemberdayaan SDGs.

Bersama puluhan santri dan aktivis lingkungan, Sahabat ZCD, pelaksana program-program pemberdayaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), menggelar kegiatan penanaman pohon.

Pimpinan pesantren menyampaikan bahwa konsep Pesantren Hijau telah diulas dalam sejumlah kitab yang dikaji di pondok pesantren.

Antara lain di dalam kitab "Ta'limul Muta'allim" yang menerangkan bahwa salah satu faktor yang mendukung panjangnya usia adalah dengan menanam pohon.

Sahabat ZCD Slamet Imam Wakhyudin menyebut, tujuan kegiatan kegiatan Pesantren Hijau yaitu melakukan penghijauan lingkungan pondok pesantren.

Selain menanam sekitar 150 pohon, kegiatan Pesantren Hijau juga dilakukan dengan pengelolaan sampah dengan bank sampah serta menjaga kebersihan lingkungan.

"Selain sebagai dakwah lingkungan, kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Santri Nasional 2023," kata Imam.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ