BAZNAS Bantu Tingkatkan Penghasilan Usaha Lontong Pical Ibu Martiyah

26/10/2023 | Ekonomi Pedesaan

Bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Microfinance Desa (BMD) menjadikan usaha lontong pical Ibu Martiyah di Bukittinggi, Sumatera Barat semakin berkembang.

Ibu Martiyah (55 tahun) telah menjadi binaan BMD Bukittinggi sejak tahun 2019. Ia merupakan penjual lontong pical dan gorengan di Kelurahan Pakan Kurai Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang telah menjalankan usahanya lebih dari lima tahun.

Setelah mendapat bantuan permodalan dari BAZNAS, usaha lontong pical ibu yang kerap dipanggil Bude Mar ini terus tumbuh dan berkembang. Penghasilannya meningkat.

Kini, setelah mendapatkan bantuan serta pendampingan usaha dari BAZNAS, antara lain tentang pengelolan modal usaha dan penjualan digital, Bude Mar sudah bisa menyisihkan pendapatannya untuk menabung dan berinfak.

"Alhamdulillah hasil penjualan saat ini, pendapatan bersih mencapai Rp3.500.000 per bulan, yang sebelumnya hanya Rp2.500.000 per bulan," kata Bude Mar, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, kenaikan pendapatan tersebut dialaminya setelah  memulai penjualan online seperti GoFood di samping penjualan offline yang dilakukan sebelumnya.

"Dari hasil penjualan, saya sudah bisa menabung setiap bulan sekitar Rp500.000," ungkap Bude Mar.

Dan yang membanggakan, Bude Mar pun bisa berpartisipasi dalam program Jumat Berkah di tempat tinggalnya. Dia mendonasikan sekitar 25 paket makanan untuk orang-orang sekitar yang membutuhkan.

"Saya berharap usaha ini terus berkembang sehingga nantinya  bisa membantu banyak orang dan menjadi muzaki," ujarnya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2023 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ