Tingkatkan Ekonomi Mustahik, BAZNAS RI Salurkan Bantuan Program ZCD di Semarang

Dokumentasi BAZNAS RI

Tingkatkan Ekonomi Mustahik, BAZNAS RI Salurkan Bantuan Program ZCD di Semarang

27/06/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersinergi dengan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan pemberdayaan program Zakat Community Development (ZCD) kepada kelompok tani Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., yang diwakili oleh Plt Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Eka Budhi Sulistyo, serta Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah KH. Ahmad Darodji. 

Eka Budhi Sulistyo menegaskan, pentingnya kolaborasi antara BAZNAS pusat dan daerah untuk memastikan program ZCD berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Sinergi antara BAZNAS RI dan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah ini adalah contoh nyata bagaimana kerja sama dapat memperkuat dampak positif dari program-program zakat," ucap Eka.

Eka menyampaikan, penyalurkan bantuan pemberdayaan program ZCD menjadi wujudnya nyata pengoptimalkan potensi zakat untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik. 

"Kami berharap ini menjadi bagian dari syiar kita bahwa kegiatan pemberdayaan ekonomi adalah suatu bagian dari pengembangan dari pengelolaan zakat dan tentunya ini menjadi salah satu cara bahwa zakat bisa mengentaskan kemiskinan," ucap Eka. 

Lebih lanjut, Eka menjelaskan, program ZCD yang diluncurkan BAZNAS bertujuan untuk memberdayakan komunitas melalui zakat, dengan memberikan berbagai bantuan yang dibutuhkan guna meningkatkan taraf hidup mustahik. Bantuan yang disalurkan, meliputi peralatan usaha, modal kerja, serta pelatihan kewirausahaan untuk sejumlah kelompok UMKM.

Melalui program ZCD ini, Eka berharap mustahik yang menerima bantuan dapat lebih mandiri baik secara ekonomi dan mempu mengembangkan usahanya dengan baik.

"Kami optimis program ini dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan masyarakat. Dengan dukungan semua pihak, kita bisa bersama-sama wujudkan kesejarahteraan mustahik sesuai dengan visi dan misi BAZNAS," harap Eka.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji, mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap dapat terus berlanjut.

"Kami berterima kasih kepada BAZNAS RI atas dukungannya. Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat Jawa Tengah, khususnya di Semarang. Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan memonitor perkembangan para penerima bantuan," ucap Ahmad Darodji.

Menurut Ahmad Darodji, dengan sinergi yang kuat antara BAZNAS pusat dan daerah, program ZCD diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan masyarakat yang efektif dan berkelanjutan. 

"Kami percaya bahwa dengan kerja sama yang baik, kita bisa mencapai tujuan bersama untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan mandiri," pungkasnya.

Zakat Community Development (ZCD) adalah program pemberdayaan BAZNAS melalui komunitas dan desa dengan mengintegrasikan aspek dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan secara komprehensif yang sumber pendanaannya dari zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan. Program ZCD berfokus pada pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat dengan menyasar kampung miskin dan tertinggal yang ada di Indonesia.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ