Bantu Sesama, BAZNAS dan GoPay Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

Dokumentasi BAZNAS RI

Bantu Sesama, BAZNAS dan GoPay Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

01/04/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berkolaborasi dengan GoPay di bulan Ramadhan dalam program sedekah Berbagi Kebaikan yang diluncurkan di AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Jumat (29/03/2024). 

Program Berbagi Kebaikan merupakan upaya BAZNAS dan GoPay dalam memfasilitasi serta menyediakan akses kemudahan berdonasi digital bagi masyarakat khususnya pengguna GoPay yang ingin berbagi kebaikan di bulan Ramadhan ini.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan H. Rizaludin Kurniawan, M.Si, CFRM mengatakan, program Berbagi Kebaikan ini tidak hanya menjadi wadah untuk meningkatkan amal pahala, tetapi juga memberikan kemudahan bagi umat Muslim dalam bersedekah.

"Kerja sama antara BAZNAS dan GoPay dalam program ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk terus memberikan kemudahan bagi para muzaki yang mayoritas anak muda milenial untuk berzakat, terutama di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini," kata Rizaludin. 

Dari data yang dimiliki BAZNAS, ungkap Rizaludin, 70 persen muzaki di BAZNAS merupakan pemuda, artinya usianya masih di bawah 35 tahun. Masih menurut riset BAZNAS, generasi muda milenial juga memiliki sifat kepedulian yang tinggi untuk berbagi terhadap sesama.

“Walaupun mereka hidup mandiri, senang traveling, tetapi bersedekah menjadi salah satu pilihan dalam hidup mereka. Bisa kita saksikan di sosmed bagaimana banyak anak muda yang sudah memiliki penghasilan sendiri membagikan makanan untuk sesama,” ungkapnya.

“Melihat hal ini, kita mencoba mengenalkan lembaga resmi yaitu BAZNAS. Dan ke lembaga resmi juga mudah, karena kita bisa menggandeng GoPay dan lembaga digital lainnya. Jadi, kita akan terus kampanye di kalangan anak muda ini,” imbuhnya.

Rizaludin menambahkan, riset BAZNAS juga menemukan kelas menengah muslim di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu, diawali dari tahun 2020 kemarin, dan puncaknya nanti pada 2035 hingga 2040 yang kita lihat nanti sudah sangat lebih mapan

“Untuk mencapai target pengumpulan, maka kita bekerja sama dengan lembaga-lembaga digital yang umumnya sudah dekat dengan generasi muda. Kita bekerja sama dengan sekitar 130 platform digital yang mana pengumpulannya mencapai 20 hingga 25 persen dari total pengumpulan kita,” katanya.

Dia menambahkan, “Setiap bulan kita menyalurkan sedekah yang terkumpul dengan rasio penyaluran bulanan antara 80 hingga 90 persen melalui program-program yang telah kita susun, sehingga peruntukannya jelas dan siapa yang menerima juga jelas. Sementara untuk penyaluran dalam setahun harus 100 persen dari semua sedekah yang kita terima,” katanya.

Rizaludin mengapresiasi pihak GoPay yang telah memberi kepercayaan kepada BAZNAS untuk terus berkolaborasi bersama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para muzakki dan mustahik.

"Melalui kolaborasi ini, diharapkan masyarakat akan semakin termotivasi untuk berpartisipasi dalam berbagi kebaikan kepada sesama dan dapat menjadi contoh bagi lembaga-lembaga lain untuk bersama-sama mengatasi berbagai tantangan sosial yang dihadapi oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Kepatuhan dan Hubungan Pemerintahan GoPay, Yogi Harsudiono menjelaskan lebih lanjut terkait program Berbagi Kebaikan GoPay dan BAZNAS.

“Setiap kali pengguna melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi GoPay pada 12 Maret–11 April 2024, maka perusahaan akan menyisihkan dana untuk donasi. Dana ini berasal dari GoPay, dan kami menargetkan sedekah perusahaan dapat mencapai Rp1 miliar yang akan disalurkan melalui BAZNAS pada 19 April 2024. Dana disalurkan untuk renovasi mushola, paket sembako, serta bantuan pendidikan untuk anak-anak panti asuhan yang dikelola oleh komunitas mitra driver Gojek,” paparnya.

Ia berharap, dengan adanya kolaborasi antara BAZNAS dan GoPay, masyarakat akan semakin mudah dan terdorong untuk berpartisipasi dalam berbagi kebaikan kepada sesama.

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan BAZNAS dalam menyebarkan kebaikan di bulan Ramadhan. Semoga kolaborasi ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk terus membantu sesama." harapnya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ