BAZNAS Dirikan Dapur Umum dan Dapur Air Bersih untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

Dokumentasi BAZNAS RI

BAZNAS Dirikan Dapur Umum dan Dapur Air Bersih untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

05/02/2024 | Humas BAZNAS RI

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) menyiapkan  layanan dapur umum dan dapur air bersih bagi warga terdampak bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Layanan kemanusiaan tersebut didirikan Tim BTB di Desa Bilang, Kecamatan Ile Parung, Kabupaten Flores Timur, NTT, pada Minggu (4/2/2024).

"Dapur umum dan air bersih ini menjadi salah satu aksi layanan kemanusiaan yang disediakan BAZNAS  di bencana erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki," ujar Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA., dalam keterangan tertulis di Jakarata, Senin (5/2/2024).

Saidah menjelaskan, dalam penyaluran dapur umum dan air bersih BAZNAS berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti tokoh masyarakat dan kepala desa setempat. Tujuannya, agar penyaluran makanan terkoordinasi dengan baik dan para warga mendapatkan secara merata.

"Dalam menyediakan makanan dan minuman kepada korban bencana, kami memberdayakan warga sekitar lokasi dapur umum," tambahnya.

Selain Dapur Umum dan Dapur Air Bersih, BAZNAS juga berkomitmen terus melayani warga terdampak, mulai dari evakuasi, dan berbagai program layanan lainnya.

"Kami berharap dengan adanya layanan-layanan yang disediakan BAZNAS ini bisa meringankan beban warga terdampak agar segera pulih,” ucap Saidah.

Lebih lanjut Saidah menjelaskan, BAZNAS masih terus siap siaga untuk melayani masyarakat terdampak. Asesmen juga dilakukan dalam mempersiapkan penyaluran bantuan lanjutan kepada para penyintas agar lebih luas menyentuh titik-titik lain yang sulit ditempuh dan belum tersentuh bantuan.

Tercatat per 31 Januari 2024, menurut Tim BTB terdapat 5.965 jiwa yang mengungsi yang tersebar di 8 titik tenda pengungsian akibat erupsi tersebut. 

Maka itu, kata Saidah, BAZNAS terus berupaya memaksimalkan pelayanan untuk warga terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

"BAZNAS terus berupaya memberikan layanan bagi para warga terdampak  terutama memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka agar cepat pulih," pungkasnya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ