Bersama BAZNAS, Danu Beralih Jadi Petani Lemon yang Produktif

  • Diposting oleh : Markom BAZNAS
  • Tanggal : 08/10/2021
  • Danu merasakan perubahan besar setelah jadi binaan BAZNAS (Foto: BAZNAS)


    Danu (53), petani buah jeruk lemon california dari Kelompok Tani Putra Solekta kini mengalami perkembangan pesat setelah menjadi mustahik binaan BAZNAS. Danu yang berasal dari Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, awalnya berprofesi sebagai petani wortel dan penangkar benih wortel, sebelum mendapatkan bantuan pengembangan usaha dari BAZNAS pada 2019 lalu. 

     

    Seiring berjalannya waktu, Danu menyadari perkembangan budi daya wortel sangat sulit dan harga sayuran yang mengalami fluktuasi. Hal itu membuat Danu sering mengalami kerugian sehingga modal tidak dapat berputar. 

     

    "Kemudian saya mengenal BAZNAS dan mendapatkan bantuan pengembangan usaha dan pendampingan program BAZNAS. Lalu saya memilih untuk mengembangkan pertanian jeruk lemon california bersama Kelompok Tani Putra Solekta," kata Danu. 

     

    Danu dikenal aktif dalam setiap pembinaan dan menyimpan harapan dari pertanian lemon untuk meningkatkan ekonomi keluarga serta hasil panen jeruk yang lebih stabil. Terlebih dia menyadari ada keluarga yang harus dia hidupi.

     

    Setelah sekitar dua tahun mendapat pendampingan dan pembinaan, kini tanaman jeruknya telah berjumlah 200 pohon. Pada Juli 2021, Danu telah melaksanakan panen jeruk lemon dengan hasil sebanyak 851 kg.

     

    "Alhamdulillah panen jeruk california jadi angin segar untuk saya dan rekan yang lain. Saya sangat bersyukur kini hidup lebih baik bersama BAZNAS," ucap Danu.

     

    Hasil panen jeruk lemon kemudian akan dijual kepada kelompok Putri Sawargi binaan BAZNAS lainnya, sebagai kelompok pengolahan minuman dan sirup jeruk lemon dengan brand "Silegar".

     

    Pertumbuhan tanaman milik Danu menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik dari petani jeruk lainnya dikarenakan dedikasi pengembangan usaha yang dimiliki Danu sangat tinggi dan tekun dalam melakukan pemeliharaan kebun jeruk lemon.

     

    Panen menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap petani termasuk Danu, terlebih pada tanaman jeruk lemon california dari awal tanam sampai berbuah produktif harus menunggu hingga 1 tahun, lain halnya dengan tanaman hortikultura sayuran yang hanya 3-4 bulan saja sudah bisa dipanen. Namun begitu, ketika masa panen tiba tanaman jeruk lemon tak kenal musim, akan terus berbuah dan dapat dipanen dengan interval rata-rata 1 minggu sekali.

     

    Pemeliharaan secara intensif baik pemupukan, pemangkasan, pengendalian hama penyakit, dan penanganan panen yang baik akan menentukan kualitas hasil produksi dan usia tanaman. Pendampingan program akan berfokus pada cara pemeliharaan yang baik dan benar agar hasil yang didapat sebanding dengan waktu, tenaga, dan materi yang telah dikeluarkan sehingga mendapatkan hasil yang didapatkan. Serta harapan saat ini kondisi harga kembali membaik agar pendapatan petani membaik pula.

     

    BAZNAS mengajak Anda untuk membantu mustahik binaan semakin berdaya dengan menyalurkan dana terbaik melalui daftar rekening yang tertera di link https://baznas.go.id/rekening . 

     

    Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan transfer bank, lalu salin nomor rekening zakat bank yang diinginkan, setelah itu simpan bukti transfer, kemudian konfirmasi melalui https://baznas.go.id/konfirmasi atau klik https://bit.ly/WhatsApp-087877373555. 

     

    Anda bisa menunaikan zakat melalui berbagai rekening bank berikut:

     

    BSI 9555.555.400

     

    BCA 686.0148.755

     

    BNI 555.5505.027

     

    Mandiri 0700.0018.55555

     

    a.n Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

BAYAR ZAKAT