Tips Menjaga Nutrisi Tubuh di Bulan Puasa

.

Tips Menjaga Nutrisi Tubuh di Bulan Puasa

04/05/2020 | Admin

Menjaga nutrisi tubuh merupakan hal penting untuk menjaga stamina dan tenaga saat tengah berpuasa. Aktivitas selama berpuasa juga menuntut asupan nutrisi yang cukup agar aktivitas ibadah dan bekerja tidak terganggu.

 

Dalam menjaga agar nutrisi tubuh tetap terjaga, haruslah cermat dalam menyikapinya dengan memerhatikan beberapa tips berikut ini.

 

Pertama, Anda harus memegang prinsip gizi seimbang. Meski ada keterbatasan waktu makan saat berpuasa dibandingkan hari biasa, kebutuhan nutrisi tubuh tidak berubah. Karena itu, kita tetap perlu menjaga asupan gizi agar tetap seimbang, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 

Kedua, Anda jangan sampai melewatkan waktu makan. Meski memiliki banyak kegiatan yang sering menyita waktu, usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan saat berpuasa, yakni saat sahur dan saat berbuka.

 

Ketiga, perbanyak konsumsi air mineral. Dengan asupan air mineral yang cukup, maka cairan tubuh akan tetap terjaga. Usahakan mengonsumsi air mineral minimal 2 liter atau delapan gelas per hari.

 

Keempat, hindari konsumsi teh dan kopi saat sahur, karena keduanya dapat mengurangi cairan tubuh.

 

Kelima, tetaplah pertahankan aktivitas fisik seperti berolahraga yang dapat dilakukan menjelang waktu berbuka atau setelah berbuka, dengan ketentuan minimal waktu antara 30-40 menit.

 

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ