Tips Tetap Kuat Menjalankan Puasa Disamping Padatnya Aktivitas

Sumber: BAZNAS RI

Tips Tetap Kuat Menjalankan Puasa Disamping Padatnya Aktivitas

27/04/2021 | Admin

Menjaga tubuh tetap bugar saat puasa tentu tidak mudah apalagi dengan padatnya aktivitas harian. Pasalnya, terjadi perubahan pola makan yang drastis yakni tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. 

 

Meski demikian, kamu bisa tetap menjaga tubuh tetap kuat menjalankan puasa disamping padatnya aktivitas harian. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap kuat dan tidak merasa letih terus menerus selama berpuasa. Berikut tipsnya:

 

Kuatkan niat

Tips utama agar puasa kuat adalah niat. Sebelum memulai puasa, kuatkanlah niat kamu untuk berpuasa sampai waktu berbuka tiba. Jika ada godaan atau niat kita mulai mengendur, kita harus memperbaiki niat untuk berpuasa demi mendapat pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

 

Perbanyak makanan berserat

Penyebab lemas saat puasa bisa terjadi karena jumlah kadar gula dalam tubuh yang semakin berkurang. Oleh karena itu, pemilihan makanan yang tidak tepat saat sahur bisa mempengaruhi energi saat di siang hari.

 

Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan akan membuat kenyang lebih lama sehingga energi di siang hari tidak mudah berkurang. Selain itu, usahakan minum air sebanyak 200 hingga 500 ml air tiap jam, selama kurun waktu berbuka hingga sahur. Ini bisa membuat kamu tetap terhidrasi selama puasa.

 

Tidak mengonsumsi gula berlebih

Untuk menjaga tubuh tetap bugar selama puasa, hindari mengonsumsi gula berlebih atau konsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah besar, seperti nasi, roti, pastri, soda dan jus buah kemasan.

 

Selain makanan, hindari juga untuk mengonsumsi minuman manis saat sahur, seperti sirup, kopi, dan sebagainya. Mengonsumsi minuman manis justru akan membuat kamu merasa lemas dan mengalami dehidrasi di siang hari.

 

Olahraga ringan

Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Aktivitas fisik harus tetap dilakukan agar badan fit dan segar. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik ringan sebelum menjalankan aktivitas harian.

 

Olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, atau yoga bisa kamu lakukan. Waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan Ramadan adalah pagi-pagi sekali segera setelah sahur, atau sebelum berbuka puasa.

 

Konsumsi protein saat berbuka

Tubuh membutuhkan protein untuk menciptakan energi serta memperbaikinya. Mengonsumsi makanan tinggi protein akan memperlambat kerja perut, sehingga kamu tidak terlalu merasa lapar saat berpuasa dan bisa menjalankan aktivitas hingga berbuka puasa.

 

Mari tebar kebaikan di bulan suci Ramadhan ini agar dapat meraih keberkahan-Nya, melalui sedekah yang Anda tunaikan di BAZNAS.

Sedekah sekarang melalui:

BNI – 700.007.704

(a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas

 

Setelah melakukan transaksi, silahkan mengkorfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

 

Terima Kasih

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ