"https://baznas.go.id/103"
  • Tanggal : 16/07/2019
  • Diposting oleh : Admin

Menunaikan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah dan di 3 hari tasyrik tidak lah sembarang, terdapat ketentuannya sesuai syariat yang harus dipenuhi. 

Mulai dari jenis hewannya, waktu penyembelihan, hingga siapa yang berhak daging kurban hasil penyembelihannya. Berikut syarat hewan kurban yang perlu anda ketahui:

1. Jenis

Hewan yang dikurbankan haruslah hewan ternak tertentu, seperti kambing, sapi, domba, dan unta. Sedangkan kerbau juga diperbolehkan, menurut beberapa ulama kerbau mirip seperti sapi, sama halnya dengan domba yang mirip kambing jadi diperbolehkan.

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (Surat Al-Hajj Ayat 34).

2. Usia

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu `anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda, `Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba`.” (HR Muslim).

Musinnah yang dimaksud adalah hewan yang sudah masuk usia dewasa, sedangkan jadza`ah adalah di bawah musinnah. 

Untuk kambing ialah umurnya satu tahun atau lebih, dan minimal 6 bulan untuk domba jika sulit menemukan yang berumur 1 tahun. Sapi  adalah berumur 2 tahun atau lebih. sedangkan unta adalah umur 5 tahun.

3. Cacat

Dari Al Bara’ bin `Azib radhiyallahu `anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, "Ada empat cacat yang tidak diperbolehkan hewan dikurbankan: buta sebelah dan jelas butanya, sakit, dan jelas sakitnya, tanduk yang patah, pincang, dan pincang secara jelas, dan sangat kurus seperti tak punya sumsum." Dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

4. Waktu

Waktu penyembelihan hewan kurban telah ditentukan sesuai syariat, yaitu setelah salat id pada 10 Zulhijah, hingga tenggelamnya matahari pada hari tasyrik terakhir yaitu pada tanggal 13 Zulhijah.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menyembelih kurban sebelum (salat) maka hewan tersebut adalah makanan berupa daging (biasa) untuk keluarganya dan sedikit pun bukan merupakan ibadah qurban.". (HR Bukhari).

Demikian syarat hewan kurban yang harus dipenuhi ketika ingin melaksanakannya. Selain itu, ada beberapa persyaratan lain berupa, hewan-hewan yang dikurbankan harus lah berasal dari sesuatu yang halal. 

Sedangkan orang yang berhak menerima daging kurban secara umum pertama adalah orang yang berkurban dan keluarganya, lalu kerabat, teman, dan tetangganya, serta yang terakhir adalah orang fakir dan miskin.