Rutinkan Sedekah Subuh, Ini Dia Keutamaan dan Cara Pelaksanaannya

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 09/11/2021
  • Sumber: BAZNAS RI


    Sedekah sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak sekali manfaat, untuk yang memberi maupun penerima. Sedekah diketahui dapat menyucikan harta dan jiwa. Selain itu, manfaat sedekah dalam Islam juga sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta`ala. 

     

    Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

     

    Tak hanya itu, anjuran untuk bersedekah juga diperintahkan oleh Allah seperti termaktub dalam beberapa surat di Al-Qur`an, salah satunya Al-Baqarah Ayat 261: 

      

    Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

     

    Bersedekah tidak harus berpatokan di waktu-waktu tertentu, Anda bisa menebar kebaikan kapan saja dan di mana saja, termasuk di waktu subuh atau yang dikenal dengan sedekah subuh. 

     

    Keistimewaan bersedekah di waktu subuh adalah malaikat yang turun ke bumi akan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda:

     

    "Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil." (HR Bukhori & Muslim).

     

    Lalu bagaimana cara pelaksanaan bersedekah subuh?

    1. Setelah Anda menunaikan salat subuh di masjid, Anda bisa mengisi kotak amal yang tersedia. Berapa pun sedekah yang Anda berikan, akan sangat berarti dan memberi manfaat bagi mereka yang membutuhkan. 

     

    2. Di waktu setelah salat subuh, Anda bisa mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

     

    3. Memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren selepas salat subuh. Waktunya sangatlah tepat karena untuk sarapan pagi.

     

    4. Menabung koin di toples kecil setiap subuh kemudian jika dirasa sudah cukup banyak, Anda bisa menyalurkannya di saat subuh. Niscaya hal yang dipandang sepele seperti ini akan sangat besar artinya jika kita melakukannya secara ikhlas. 

     

    5. Mentransfer uang atau bersedekah secara online tepat pada setelah salat subuh. Anda bisa mentransfer dana kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

     

    Saat ini untuk bersedekah subuh, Anda bisa menunaikannya melalui BAZNAS, dengan mengunjungi link https://baznas.go.id/bayarzakat , lalu pilih menu sedekah dan masukkan nominal yang ingin didonasikan. Kemudian isi data dan cara pembayaran.

     

    Dengan Sedekah Online BAZNAS, Anda akan semakin dimudahkan dalam mendapatkan pahala, tentunya hal ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, cukup menggunakan ponsel pintar Anda. Mari terus menebar kebaikan dan manfaat bersama BAZNAS.

BAYAR ZAKAT