Hidupkan Malam Ramadhan Dengan Shalat Tarawih

Sumber: BAZNAS RI

Hidupkan Malam Ramadhan Dengan Shalat Tarawih

27/04/2021 | Admin

Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh rahmat dan ampunan. Di bulan suci ini, umat Islam berlomba-lomba untuk meraih ridho Allah SWT dengan menghidupkan malam-malam Ramadhan. Di antaranya, tadarus Al-Quran, shalat tahajud, hingga shalat tawarih. 

 

Shalat sunnah tarawih hanya bisa dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Salat tawarih memiliki hukum muakkadah atau sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dalam pelaksanaannya, shalat tarawih diperbolehkan untuk dilakukan sendiri. Namun, jumhur ulama menyatakan jauh lebih baik apabila dilakukan dengan cara berjamaah di masjid.

 

Sementara itu, jumlah raka`at shalat tarawih yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 11 atau 13 raka`at. Inilah yang dipilih oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam HR Bukhari no. 1147 dan Muslim no.738:

Aisyah mengatakan, "Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka`at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka`at."

 

Karena shalat tarawih dilakukan di dalam bulan Ramadhan maka amalan ini memiliki keutamaan yang sangat besar, berikut adalah beberapa keutamaan melaksanakan shalat tarawih:

 

Diampuni dosanya

Umat Islam yang mengerjakan shalat tarawih akan diampuni dosa masa lalunya. Selain menggugurkan dosa, shalat tarawih di bulan Ramadan akan dijamin pahala yang melimpah. 

 

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melakukan shalat Tarawih dengan penuh keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR. Bukhari-Muslim).

 

Berpahala seperti shalat semalam penuh

Shalat tawarih adalah sunnah, yang boleh dikerjakan sendiri maupun berjamaah. Namun, shalat tawarih berjamaah memiliki keutamaan lainnya. Jika dilakukan berjamaah, niscaya akan dijamin mendapat pahala seperti shalat satu malam penuh.

 

Sebagaimana diriwayatkan Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang shalat bersama iman sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh." (HR Ahmad, Tirmidzi).

 

Melapangkan rezeki

Keutamaan lain shalat tawarih adalah melapangkan rezeki, apalagi jika shalat sunnah itu dilakukan dengan berjamaah di masjid atau bersama keluarga di rumah. Dengan shalat tawarih berjamaah, akan memperkuat tali silahturahmi. Dan silahturahmi yang terjaga dengan baik, akan melapangkan rezeki bagi umat manusia. 

 

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Mari perbanyak amal kebaikan agar dapat meraih keberkahan ibadah di bulan suci ini, melalui sedekah yang Anda tunaikan di BAZNAS

Sedekah sekarang melalui:

BNI – 700.007.704

(a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas

 

Setelah melakukan transaksi, silahkan mengkorfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

 

Terima Kasih

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ