"https://baznas.go.id/102"
  • Tanggal : 16/07/2019
  • Diposting oleh : Admin

Setelah perayaan Idul Fitri terlewati, kini Idul Adha akan segera datang. Pada momen ini, ada amalan utama yang akan segera kita jalani yaitu berkurban. Ibadah kurban adalah bukti meneladani keihklasan Nabi Ibrahim saat harus menyembelih putra kesayangannya (Nabi Ismail) atas dasar takwa untuk mengikuti perintah Allah SWT. 

Kurban berasal dari kata `qoroba yaqrobu` artinya mendekat. Maka kurban bisa dimaknai ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai ayat al-Qur`an telah banyak menyebutkan tentang kurban salah satunya di QS. Al-Kautsar ayat 2.

Ibadah kurban selain dapat meningkatkan ketaqwaan, ia juga dapat menjadi tabungan kebaikan bagi umat Islam yang menunaikannya. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan”. Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah).

Mari memaksimalkan kesempatan pada perayaan Idul Adha ini dengan berkuban, semoga Allah senantiasa menambah nilai taqwa di setiap hati kita.