Doa Dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 30/06/2021
  • Sumber: BAZNAS RI


    Umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 yang jatuh pada 20 Juli mendatang. Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban bagi yang mampu. Hewan yang disembelih bisa seperti, domba, sapi, kerbau atau unta. Memotong hewan kurban jadi salah satu hal yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah) saat Idul Adha sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama.

     

    Namun ada yang perlu diketahui jika Anda hendak memotong hewan kurban, karena harus memperhatikan tata caranya agar sesuai syariat.

     

    Sebelum menyembelih hewan kurban, Anda dianjurkan membaca doa terlebih dahulu. Doa tersebut dibaca dengan harapan agar Allah SWT menerima ibadah kurban yang dilakukan. 

     

    Berikut doa hendak menyembelih hewan kurban: 

    Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

    Artinya, "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya waihai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku."

     

    Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah cara menyembelih hewan kurban.

    - Membaca basmalah

    - Membaca sholawat nabi (Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad)

    - Menghadap ke arah kiblat, baik untuk hewan kurban maupun orang yang akan melakukan penyembelihan (hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat)

    - Membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali (Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd)

    - Mengucapkan doa (Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm)

    - Menggunakan alat yang tajam untuk menyembelih

    - Menyembelih hewan kurban dengan memotong tenggorokan, kerongkongan dan dua urat nadi di bagian leher hewan.

     

    Hari Raya Idul Adha tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Maka warga dianjurkan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan demi mencegah penularan virus corona. Namun, Anda juga bisa menunaikan kurban online melalui BAZNAS, yang bisa dilakukan di mana saja tanpa harus keluar rumah. Cara cukup mudah, Anda bisa klik baznas.go.id/kurban lalu ikuti petunjuknya.

BAYAR ZAKAT